Cara Menghapus Link Rusak di Webmaster

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, December 7, 2012

Menghapus link yang rusak di webmaster sebenarnya bukan suatu keharusan, terlebih lagi di sana memang ada pemberitahuan bahwa link tersebut tidak berpengaruh pada performa web anda secara umum. Namun menurut para master bilang, banyaknya link rusak yang ada di webmaster nantinya akan mempengaruhi posisi kita di google disamping itu kalau banyak link rusak saat kita mendaftar adsense akan mempersulit proses di terima.

Penyebab link rusak di webmaster

Link rusak itu banyak penyebabnya, bisa jadi karena artikel kita telah dihapus tapi si google sudah terlanjur mengindexnya. Atau bisa jadi karena ada seseorang yang meng-copy artikel kita, lalu ia salah memasukan url nya, sehingga di anggap google sebagai link rusak. Bisa jadi juga karena kesalahan kita sendiri sewaktu menanamkan link ke tempat lain. Oleh karenanya, mungkin sebagai salah satu tindakan lain, ada baiknya anda mengalihkan link rusak tersebut ke halaman lain (sitemap misalnya), sehingga pengunjung yang datang dari link rusak tersebut tidak hanya membaca notifikasi bahwa postingan tidak di temukan melainkan masih bisa melihat artikel yang lain. Anda bisa membacanya di cara mudah mengalihkan url error 404.

Cara Menghapus Link di Webmaster Google

Setelah di blog anda telah di alihkan, sekarang tinggal bagaimana menghapus link rusak di webmater agar posisi kita di google di anggap baik, tidak banyak cacat. Langkahnya adalah :

1. Buka Webmaster

Alamatnya kalau tidak salah di http://www.google.com/intl/id/webmasters/, kalau anda belum punya acountnya anda bisa buat di sana. Namun tenang saja, kalau anda sudah punya acount gmail atau setidaknya anda memiliki acount blogger, semua sudah terintegrasi. Jadi anda tinggal masuk saja dengan menekan "masuk ke layanan webmaster" (kalau dalam bahasa inggris, sesuaikan sendiri ya)

2. Pilih Blog Anda

Kalau anda punya ternak lebih dari satu blog di satu acount, anda harus memilih blog dulu yang mana yang akan di hapus linknya. Kalau anda hanya punya satu, ya pilih yang satu itu di webmaster.

3. Masuk ke Kesehatan >> Kesalahan Perayapan

Setelah itu, di sidebar ada banyak pilihan. Pilih yang bagian utamanaya kesehatan lalau anda pilih sub judul kesalahan perayapan kalau dalam bahasa inggris crawl error. Lihat bagian yang paling atas, di sana ada beberapa pilihan, kalau dalam bahasa indonesia : Kesalahan server, tidak di temukan dan lainnya. Lihat di mana yang ada angkanya, dan pilih. Biasanya ada di bagaian web yang tidak ditemukan.

Dan sebelum anda melakukan langkah nomer empat, sebaiknya anda melakukan langkah nomer lima dulu yang di buka di new tab. Itu untuk mempermudah, soalnya nantinya biasanya url yang di hapus tidak hanya satu, jadi lebih enak anda membuka dua tab.

4. Copi URL yang rusak

Setelah anda membukannya, biasanya di sana akan anda lihat beberapa url yang error. Anda bisa memilihnya dengan klik pada url tersebut, dan anda perhatikan urlnya. Kadang saya analisa dulu, bisa jadi karena kesalahan tanggal, ada huruf yang kurang atau kelebihan sepasi. Dan saya juga kadang melihat sumbernya dari mana dengan cara melihat ke tab yang paling kiri (ditaut dari). Kadang dari situ pula, saya menemukan siapa siapa yang mengkompas artikel saya (hehehe) atau paling tidak saya bisa melihat dimana sumber kesalahan saya.

cara menghapus lin rusak di webmaster

Setelah anda melakukan analisa, anda bisa block url tadi kemudian di copy. Tinggal menjalankan langkah selanjutnya.

5. Masuk ke Pengoptimalan >> Hapus URL

Seperti saya ungkapkan sebelumnya, langkah ini sebaiknya sudah anda persiapkan di tab baru. Jadi begitu copy link yang rusak, terus tinggal anda melakukan penghapusan di tab yang baru. Jadi kalau ada beberapa link yang rusak, anda bisa kerja cepat dengan dua tab. Untuk membuka tab baru kategori pengoptimalan, anda bisa membaca new tab shortcut

6. Masukan URL yang telah di copy

cara menghapus lin rusak di webmaster

Setelah anda copy url yang rusak tadi, sekarang tinggal di copy dan di masukan di bagian buat permintaan penghapusan baru, lalu klik next atau teruskan.

7. Pilih jenis penghapusan url

setelah anda melakukan langkah nomer enam, anda biasanya akan di bawah ke suatu pilihan penghapusan. Ada tiga pilihan.

cara menghapus lin rusak di webmaster
1. remove page from search results and cache (menghapus url dari serp google dan cache google)
2. remove page from cache only (menghapus hanya pada cache google saja)
3. remove directory (menghapus semua url didalam direktori url yang error dari serp) 
Saya biasanya menggunakan yang pertama, yaitu hapus pada results dan cache saja. Setelah itu pilih kirim permintaan.

8. Tandai URL Telah di perbaiki

Hal yang paling penting adalah, anda harus menandai bahwa url tersebut telah di perbaiki. Bisa satu satu ketika anda meng-klik url, atau bisa dengan keseluruhan seperti gambar di bawah ini :

cara menghapus lin rusak di webmaster

Kadang orang sering lupa atau tidak memberi tahu untuk menandai telah di perbaiki, jadinya url yang rusak masih saja ada notifikasinya, itu yang keliru. Jadi, setelah anda melakukan pembersihan dan permintaan pengahpusan url, anda harus menandai url tersebut telah di perbaiki sehingga kesalahan url anda tidak menumpuk. 

Itulah tehnik dalam menghapus link rusak di webmaster, saya sertakan sedikit penjelasan semoga dapat menambah pemahaman terhadap link yang rusak dan penyebabnya. Kadang juga ada yang menggunakan bahasa inggris dalam tampilan webmaster, sebenarnya lebih mudah namun saya lupa apa saja istilah istilahnya, jadi sesuaikan sendiri ya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, December 07, 2012