Merubah Template Hasil Download

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Wednesday, February 29, 2012

Sekarang kita akan belajar bagaimana merubah template hasil download, seperti di terangkan pada artikel sebelumnya yaitu memodifikasi template download kita telah menemukan dimana kede HTML yang menunjukan perubahan template dengan bantuan alat. Area tersebutlah tempat dimana kita bisa merubah-rubah template.

Namun sebenarnya template hasil download lebih mudah ditemukan kode tempat perubahan templatenya di banding dengan tempate bawaan blog, hal ini karena si penyedia template juga sadar akan kebutuhan penguna untuk memodifikasi templatenya. pertannyaanya di mana tempat atau area tersebut? mudah saja, untuk template download area perubahannya dimulai dengan tanda seperti dibawan ini.

/* Variable definitions
/*  -------------- * WRAPPER LAYOUT *  ------------------- */
/*  -------------- * HEADER *  ------------------- */
/*  -------------- * SIDEBAR & WIDGET *  ------------------- */
/*  -------------- * MENU & SEARCH*  ------------------- */

Apa yang bisa kita rubah? tentu variabel di dalamnya, yaitu angka angka baik yang menunjukan warna, ukuran ataupun gambar. yang perlu kita ketahui sedikit mengenai bahasa HTML untuk melakukan perubahan. Dalam bahasa HTML dikenal namanya struktur penyusunan seperti 'tag, elemen, atribut dan nilai'. Tag merupakan lambang lambag khusus seperti ">", "<","/" sedangkan elemen adalah teks yang di dalam tag, seperti <head>, berarti 'head' itu adalah elemennya. kalau ada kode untuk merubah warna background kodenya adalah <head bgcolor='0000ff'>, body merupakan element bgcolor adalah atribut sedangkan '0000ff' adalah nilainya. dan bagaimana mengidentifikasikan nilai itulah yang kita perlukan untuk dapat menganti atau momodifikasi template download an.

Untuk belajar HTML lengkap bisa di klik http://htmlcssguides.com/belajar-html, namun saya kira kita tidak perlu belajar semuanya. yang kita perlu hanya dasarnya saja, kalau kita terpaku hanya pada belajar HTML nantinya blog kita malah rumah mewah baru, yaitu bagus di luarnya tetapi di dalamnya kosong. Tampilan blog kita bagus namun kontentnya justru tidak bertambah.

Menyambung pertanyaan Rizky Kazegami yang berada di kolom request, tentang bagaimana merubah background blog, maka pada bagian bawah ini lah jawabanya. kita harus menemukan dahulu kodenya, kode atau scrip seperti diatas, tempat dimana background dirubah. kalau perlu, gunakan colorsniffer yang telah saya bahas di memodifikasi template download. caranya, dengan mencari kodewarna background dahulu dengan colorsniffer, kemudian ketik kode warna (pada kolom edit HTML) tersebut untuk menemukan tempat dimana background di rubah. atau supaya lebih mudah, bisa mengunakan F2 (search) kemudian ketik Background Color, disitulah kode untuk merubah warna background.

Untuk memodifikasi template setelah kita tau areanya, akan kita temukan kode (pada kolom edit HTML tentunya) seperti ini misalnya.
/* Variable definitions
========================
<Variable type="font" name="pagefont" default="normal normal 100% trebuchet, arial, verdana, sans-serif" description="General Font Properties" value="normal normal 100% verdana">
<Variable type="color" name="pagefontcolor" default="#444444" description="Page Font Color" value="#444444">

/*  -------------- * WRAPPER LAYOUT *  ------------------- */
#outer-wrapper { margin:0 auto; width:980px; text-align:left; font:$pagefont; color:$pagefontcolor }
#header-wrapper { height:90px; width:980px; padding-top:20px }
#header-inner { float:left }
#header-left { float:left; width:640px; height:60px; padding-left:10px }
#header-right {float:right; width:320px; height:60px; text-align:right }

Nah yang berwarna merah tersebut adalah nilainya, berarti kita ganti nilainya dengan apa yang kita inginkan. hal ini memang terlihat mudah, namun bagi seorang pemula yang belom memahami, akan terlihat sulit. rajin rajinlah trying and error, mencoba coba sendiri dan membuktikannya. jadi kita tau apa yang berubah dan kode mana yang melakukan perubahan tersebut. Hal yang paling penting anda harus membuat backup sebelumnya takut takut terjadi kesalan. atau anda bisa membuat satu blog lagi khusus untuk percobaan. Kalo dirasa sudah pas, baru kita ganti kodenya. Mencoba merubah template blog anda.