Ngaskus atau Ngeblog?

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Monday, February 27, 2012

Pilih kaskus atau blog ya? beberapa minggu ngeblog, mulai kerasa juga. dulu ngaskus sempet bikin trit Buku Untuk Inspirasimu yang sampai HT kemudian entah kenapa di hapus ma momod, makanya beralih ke blog. memang berbeda karakteristik antara forum dan blog, namun esensinya sama yaitu saling tuker ilmu. Dari sekian forum yang ada, yang pernah saya ikuti ya kaskus ini dengan moto the largest indonesian community. membandingkan dengan kaskus, lama kelamaan mulai terasa bahwa ngeblog itu tidak mudah. perlu perjuangan, tak semudah membalik telapak tangan.

Ngaskus atau Ngeblog?

  1. Posting
    ya namanya posting mah cuma nulas nulis aja, enaknya di kaskus ente bisa nulis apapun. bahkan sekalipun ngambil rujukan dari internet (dari web maupun blog orang) ga jadi masalah selama itu belom ada yang posting, sah sah saja. bahkan sekalipun itu repsol (re-posting, sudah pernah ada yang posting) ga jadi soal asal momod ga mempermasalahkan. paling cuma kaskuser lain yang coment reposol dan dari orang yang koment pun paling cuma beberpa yang bilang repsol (biasanya dia yang kaskuser sejati), yang lain belum tentu pernah membaca artikel tersebut.

    Klo di blog, istilahnya bukan repsol tapi compas (karena copi paste) dari artikel orang. ini keuntungan blog, ga ada moderator jadi orang bebas mau nulis apa, namun menurut sebagian pihak ini berpengaruh pada PR di google, saya sendiri kurang tau. lalu klau di blog juga kita ga bisa posting se-enaknya, soalnya kredibilitas kita di pertaruhkan. maksudnya, klo di kaskus orang bisa posting pertannyaan, yang kadang se enak udelnya sendiri dan itu langsung ada yang jawab. nah klo di blog? siapa yang mau njawab? lha wong nyari koment aja susah. :))

    Photobucket

  2. Comment
    Menyambung pertannyaan pertama, klo ngaskus, ente newbie sekalipun kemudian bikin pasti ada yang koment. entah satu dua ya paling minim 5 koment lah ente dapet. koment emang suatu yang menyenangkan, karena darinya kita merasa di hargai dan kadang justru koment itu sendiri yang bikin lucu di kaskus. entah pertamax, nice inpo pejwan (dengan gambar dan tampang bermacam macam) semuanya bikin gokil abis.

    di blog? wah nyari koment atu aja susahnya bukan main, harus bikin jaringan dulu, harus blogwalking dulu. bikin relasi yang luas, naikin PR baru setelah blog kita cukup tenar dan dikenal orang, koment pun datang. belum lagi etika koment yang harus di jalani oleh blogger, "ga boleh pasang link di kotak koment (sudah di sediakan URL di tempatnya), ga boleh promosi ato spam" unjungnya klo itu di langgar, koment kita di apus dah. mending ngaskus dah gan, koment bisa asal asalan, apalagi klo di lounge, koment tu bisa lucu lucuan. ga bakal di apus asal ga banyak tingkah.

    enak nya lagi, klo di kaskus bisa bikin trit bagus yang koment banyak gan. ga satu dua orang lagi, bisa ratusan. malah bisa sampe 7 page lebih dimana setiap page ada 20 koment-an. belum lagi klo HT, wah yang koment mah minimal 20 page. asik banget dah. ga enaknya, kadang juga ada yang koment kasar, apalagi klo klonengan, seenak jidat aja klo ngomong.

  3. Penghargaan
    Di kaskus ma di blog sama sama susah nyari penghargaan, klo di kaskus di kenal dengan cendol. ane baru dapet itupun setelah posting ke 1300an diman klo posting 2000 ane ud bisa iso, saking susahnya nyari cendol ane sampe bertekat untuk bisa ngasih cendol ke kaum duafa, makanya ane ngejar 30 hari menuju iso. dan akhirnya kesampean dah.

    di blog? award kita dapat gan, itu juga ane susah nyarinya. entah dari mana dan bagaimana dapetnya masih ngawang ngawang ni. ada yang bilang dari sering koment, padahal setiap ke blog orang ane rajin koment. dan koment ane berkualitas (heheh, nyombong dikit sekaligus promosi dikit) ane ga pernah koment asal asalan (nice share, wah bermanfaat ato apalah) paling ga ane koment satu alenia. selau ada yang ane ulas dan ane bahas. namun sayangnya hal ini sama kaya kaskus, kualitas koment tidak di nilai justru kuantitaslah yang berperan.

    Photobucket

    sampe akhirnya ane dapet juga beberapa award dari sahabat ane, ya jadi blog ini tidak kosong lagi. klo di ibaratkan di kaskus ane ud jadi pasukan ijo, ga abu abu lagi.

  4. Sundul
    Nah ini lagi keuntungan kaskus, klo di kaskus tu artikel kita yang uda lama sekalipun. masih bisa kita angkat, istilahnya sundul. di sinilah menariknya, ketauan tu artikel emang berbobot ato cuma hasil sundulan doang.

    klo di blog, wah artikel yang uda lama, ga bisa di apa apain. ga bisa di balik kaya di pengorengan, alhasil gosong dah artikelnya. hahahah, kita cuma berharap si embah googel mau menrujuk ke artikel kita sebelumnya. sama dengan kaskus, kita memang bisa melihat jumlah pengunjung, namun kita ga bisa memastikan si pengunjung baca ini ato tidak, soalnya biasanya klo kita menilai artikel dari koment, di blog akan jarang yang koment. paling yang koment orang orang yang punya blog doang. di kaskus, asal dia nemu yang bagus, dia bisa koment. yang artinya, membantu artikel kita naik lagi ke permukaan.

    tapi jeleknya, di kaskus kita jadi ga bisa melihat artikel yang baru (akan jarang sekali) biasanya yang di sundul cuma artikel populer ato sekedar unik. untuk mencari artikel up to date kita harus pandai pandai memilih setingan sendiri. untuk itu anda harus pelajari newbie rules.

  5. Populer
    Untuk menjadi populer di blog, ga mudah. selain membangun jaringan link, kita juga harus membuat artikel yang bagus dan berkualitas. semua itu ga instan, butuh kesabaran dan keuletan, ga bisa modal mujur trus akhirnya banyak yang koment.

    di kaskus, kita bisa modal mujur. asal artikel tersebut orisinil (maksudnya belum ada yang pernah di publikasikan di kaskus, ga repost) dan bermanfaat. si momod bisa menjadikannya sebagai HT (hot thread) yang notabene kita menjadi tenar walau cuma sehari. ane pernah ngalaminya 2x dan itu sangat menyenangkan sekaligus mengharukan. karena di balik ketenaran tidak hanya kebaikan kita dapat, hujatan juga mengiringi walau jumlahnya sedikit. tapi yang sedikit ini bisa jadi nylekit gan, ane pernah HT dengan artikel yang ane tulis sendiri berjudul membangun usaha sejak mahasiswa (http://carikost.blogspot.com/2012/01/membangun-usaha-sejak-mahasiswa.html) dan ternyata ada aja yang ngaku itu repost, padahal ane nulis semalaman. ahhh... dasar orang sirik dimana mana. belum juga HT ane yang ke2, yang akhirnya lebih parah lagi yang tidak suka. padahal ane salah apa? ane iklas ko.

    Ya mengambil istilah pribahasa indonesia, makin tinggi pohon makin tinggi pula angin yang menerpa. ya memang begitu adanya. dan meniru istilah spiderman. with great power, comes great responsibility. ane menerima sebuah responsibility yang besar begitu tenar, namun sayangnya ane belum juga jadi spiderman saat itu. andai ane ud jadi spiderman, ane segel tu mulut orang yang koment sembarangan. hahaha.
Ya itulah kaskus, segalanya selalu punya dua sisi, sama seperti koin. dibanding dengan antara ngeblog dan ngaskus yang membahas sisi negatif kaskus, sekarang adil rasanya karena saya telah membahas sisi baik dari kaskus

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Monday, February 27, 2012