Alexa yang Misterius

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, August 5, 2012

Ranking alexa bisa saja naik atau turun, sering naik dan tak jarang turun, membuat misteri sebab kita tidak tau pastinya. Ada yang bilang katanya alexa merupakan ukuran ke populeran sebuah situs atau blog, jadi semakin rendah alexanya maka semakin populerlah blog tersebut. Pendapat lain mengatakan bahwa alexa di pengaruhi oleh rutinitas posting dan banyaknya pengunjung yang datang, namun apakah kalau kita telah mendapatkan kedua hal tersebut lantas nilai alexa akan berkuang, alexa menjadi seksi lagi?

Alexa memang misterius, nilainya yang tidak bisa di tebak. Beberapa orang justru merasa bingung kenapa alexa saya no rank terus, beberapa lagi juga bingung kenapa alexanya merangkak naik, menjadi gendut. Saya sendiri masih ingat ketika awal ngeblog, kemudian menunggu tante alexa ini yang tidak kunjung bernilai, sampe akhirnya datang juga, dan saya mengucapkan selamat tinggal alexa no data. Namun sekarang tantangannya berubah, bagaimana mempertahankan nilai alexa agar tetap seksi, dan oleh karenanya saya ingin berbagi pengalaman.

1. Pengaruh Pengunjung

Alexa memang di pengaruhi pengunjung dan tidak hanya pengujung namun postingan pun berpengaruh. Namun banyaknya pengunjung dan rajinya posting tidak bisa menjamin akan menurunkan nilai alexa. Saya punya teman yang pengunjugnya (lebih tepatnya PV nya tinggi, 4 ribu perhari) dan ia pun rajin posting namun nilai alexanya pada waktu itu masih di 1 juta, sedangkan saya yang pengunjungnya ga sampai segitu rankingnya 230 ribuan. Jadi kecilnya nilai alexa tidak bisa di menjamin banyaknya pengunjung ke blog itu.

Sekali lagi, alexa tidak bisa di jadikan banyaknya pengunjung. Kenapa? soalnya saya pun pernah punya pengalaman, saya bangun blog baru (waktu itu niat bikin blog baru hanya untuk daftar adsense pakai email baru ), baru 3 minggu saya sudah dapet nilai 700 ribuan. Menurut saya itu rekor yang luar biasa, soalnya banyak temen temen sendiri yang kesulitan untuk bisa menembus satu juta, saya hanya dalam 3 minggu dari yang ga ada rankingnya bisa sampe nilai segitu.

Apa yang saya lakukan? cuma posting 3 hari sekali, tapi di blog saya itu saya dapet banyak komentar dari temen temen blogger yang lain dan saya juga melakukan blog walking. Nah dari situlah mulai timbul misteri bahwa alexa tidak di pengaruhi pengunjung, sebab blog yang usianya baru dan belum ada pengunjung dari google hanya dari blog walking bisa dapet ranking segitu kecilnya.

2. Range (Jarak) Nilai Alexa

Bagi yang pertama kali ngeblog, hal yang diimpikan pertama kali adalah munculnya nilai alexa. Baru kemudian tinggal tahap selanjutnya, yaitu melangsingkan atau menurunkan nilai alexa. Pertama kali muncul kalau tidak salah saya perhatikan, nilainya berkisar di 27 jutaan, baru kemudian akan beransur angsur turun. Biasanya kalau anda rajin posting dan blogwalking nantinya rankingnya akan turun drastis sekitar 1-0.5 juta perharinya, kalau anda terus menjaga ritme tersebut maka anda bisa sampai ke rangking 1 juta. Setelah satu juta, maka turunya rangking tidak terlalu besar, 50-100 ribuan sekali turun sampai mentok di angka 500 ribuan.

Di bawah nilai 500 ribuan, mulai lah persaingan ketat, anda mungkin masih bisa mengandalkan Blogwalking dan regular posting, namun angkanya hanya sampai ke 250 an. Setelah itu akan sulit sekali menurun, sekali berubah ritme ngeblog, rangking bisa saja di sikat orang lain. Di angka 250ribuan ke bawah, anda akan membutuhkan pengunjung yang lebih banyak untuk menurunkan ranking tersebut.

3. Rajin Posting

Katanya juga, kalau rajin posting akan menurunkan nilai alexa? saya kira tidak juga. Mungkin bisa turun sampe nilai dan batas tertentu, setelah mentok dan tidak menunjukan penurunan yang berarti. Saya amati ini pada blog teman saya juga, dia rajin posting bisa sehari sampe 3 kali lebih, memang nilainya turun tapi tetap saja kalah dengan niali saya, padahal saya jarang update (waktu itu hanya dua hari sekali). Di cerita teman saya yang pertama pun begitu, dia update 1 hari sekali tapi nilainya 1 juta, padahal saya yang jarang update nilainya 300ribuan. Lalu saya coba di blog saya yang lain, saya sering update (hampir sehari sekali) tapi tidak melakukan BW (blog walking) nilainya tidak turun drastis, biasa saja malah.

Jadi rajin posting harus pula di imbangi dengan pengunjung yang datang, kalau pengunjung yang datang signifikan, maka nilai alexanya pun akan turun.

4. Regular Posting

Regular posting penting untuk menurunkan nilai alexa, terutama untuk teman teman yang sudah dapat pengunjung rutin entah dari BW atau google. Ini yang saya alami, saya posting rutin 2 hari sekali dan di jam yang sama (saya setting di jam 6 pagi), hasilnya alexanya bekurang secara signifikan. Ya seperti saya ungkapan di point ke 2, sampe batas 500 ribuan. Saya tidak tau dari yang lain, tapi itulah yang saya alami. Menurut saya, posting yang ditentukan teratur akan mempengaruhi turunya ranking alexa.

5. Pengaruh Blogwalking

Ini misteri alexa selanjutnya, saya tidak tau dari mana pengaruhnya tapi alexa akan menurun drastis dari BW (blog walking) berdasar pengamatan saya. Saya waktu itu mengamati teman yang blog nya tidak terlalu ramai, (memang saya tidak melihat statistiknya, tapi saya lihat blognya hanya bercerita kehidupan sehari hari dan apa adanya) tapi rankingnya sampei 250ribuan, padahal waktu itu saya di angka 700 ribuan kalau ga salah. Apa yang saya perhatikan, satu kali posting dia mendapatkan hampir 50 komentar di blognya, hebat saya pikir soalnya saya ga sampai segitu.

Saya kurang tau apa pengaruhnya blogwalking, namun saya perhatikan dari beberapa cerita saya di atas. Alexa senang pengunjung yang serius, dimana kita tau? pengunjung dari blogwalking adalah pengunjung serius, paling tidak ia membaca artikel sampai habis atau paling tidak ia meningalkan komentar. Atau bisa jadi, itu pengaruh dari alexa toolbar yang di pasang para blogger ketika mengunjungi blog seseroang, toolbar tersebutlah yang membantu menurunkan alexanya. Tapi saya kira tidak, soalnya tidak semua bloger punya alexa toolbar.

6. Alexa dan Backlink

Ada yang bilang bahwa alexa berpengaruh pada banyaknya backlink, saya pikir tidak. Soalnya ketika saya membangun blog baru, saya tidak mengejar baklink, saya hanya mengejar blog walking dan saya mendapatkan nilai alexa yang signifikan dalam tiga minggu.

Alexa memang misterius, kita tidak tau perhitungan aslinya. Jadi nikmati saja perjalananya, namun kalau anda ingin menurunkan nilai alexa secara signifikan, carilah koment sebanyak mungkin ke blog anda dengan cara menghargai pengunjung blog atau dengan blogwalking dan juga dengan teratur posting. Anda bisa menikmati hasilnya nanti, selanjutnya tinggal anda memperhatikan nilainya.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, August 05, 2012