Kenapa Harus Punya Blog

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, December 9, 2012


Kenapa harus punya blog? Apa manfaat dari blog? mungkin bagi sebagian orang itu menjadi pertanyaan serius ketika ia akan mulai ngeblog. Ngeblog pada dasarnya adalah hal yang mengasikan, di banding sosial media atau sejenis forum yang lain, ngeblog lebih asik. Berbagai manfaat yang bisa kita dapat dari ngeblog, disamping itu komunikasi yang di bangun para bloger itu lebih 'bermartabat' daripada kegiatan online lainya.

Ya mungkin itu dari sisi saya, selaku orang yang juga menjalankan blog, tapi ijinkan saya membagian sedikit pengalaman apa si manfaat dari kita memiliki blog. Kenapa pula harus punya blog?

Kenapa Harus Punya Blog

Manfaat dari Membangun Blog

1. Membagi ilmu dan pengalaman

Hal yang menyenangkan dari ngeblog adalah kita bisa membagi pengalaman kita, sekecil apapun itu kita bisa bagi. Seperti kita tau, kita hidup di era informasi yang menjadikan google sebagai dukun paling manjur. Kalau kita punya permasalah sedikit, kita bukanya lari ke guru tapi biasanya langsung lari ke mbah google. Kalau dulu orang nyari dukun, sekarang orang mungkin lebih memilih google, Sebab apa? kalau dukun mungkin dia ga bisa menunjukan dukun yang lain (takut saingan, hehehe), tapi kalau google kita bisa mencari banyak dukun di dalamnya. Tapi saya sendiri belum pernah mencari dukun ya, mungkin kalau ada yang mau nyari dukun di google ya silahkan.

Berangkat dari seringnya orang mencari informasi itu, kita kadang tidak menemui informasi yang dibutuhkan secara tepat di google. Justru kita yang sedang mencari, biasanya lebih paham daripada artikel yang di sajikan di google. Lalu kenapa tidak kita yang membuat artikel itu dan akrhinya orang bisa membaca? Dengan orang bisa membaca tulisan kita, dia jadi tau akan solusi dari permasalahannya, walaupun kita mungkin tidak mendapatkan apa pa darinya paling tidak kita telah membantunya. Bukan kah akan menyenangkan kalau kita bisa mengajarkan orang lain, dan orang lain jadi paham bahkan kalau sampai dia bisa kita pun bisa dapat pahala, ya ga? seperti yang pernah saya ceritakan dalam ngeblog, antara pahala dan dosa.

2. Nyimpen software dan link penting

Ini juga hal yang sangat menarik dari ngeblog, kita bisa menyimpan file file atau link link penting, seperti software misalnya. Seperti kita tau, kita hidup di dunia yang dinamis dan serba tidak pasti. Misalnya anda memiliki software atau trik yang sangat penting, namun anda pendam sendiri dan hanya di simpan di dalam laptop. suatu saat laptopnya ilang, atau misalnya tidak terbawa, maka ilmunya pun akan ilang. Coba bayangkan kalau anda pernah membaginya atau men-share di blog, asal ada internet anda masih bisa membuka software atau trik penting yang anda miliki.

Itu juga hal yang membedakan antara ilmu dan harta, kalau ilmu semakin anda bagi bukanya semakin kurang tapi semakin bertambah. Tapi kalau harta, dia akan habis. Logika paling sederhana tidak usah dari blog deh, misalnya anda punya software atau data data bagus, TA misalnya lalu anda memberikan atau membagikan ke pada teman. Suatu saat komputer anda rusak atau tidak senganja ke format (kena firus misalnya), anda masih bisa mencari dan mengumpulkan data data itu tadi dari teman anda. Bayangkan kalau anda pelit, akhirnya semua data yang ada punya pun ikut hilang, siapa yang rugi kalau sudah gitu. Jadi, seperti itulah logika sederhana kalau kita mau berbagi ilmu dan menyimpan link software atau apapun di blog, asal ada internet kita masih bisa hidup.

3. Sosialisasi

Salah satu ajang paling menyenangkan dari ngeblog adalah sosialisasi. Memang banyak media lain sekelas facebook atau twitter, namun dua media itu biasanya di penuhi orang orang yang kita kenal kan. Beda dengan ngeblog, kita ga tau blog itu punya siapa dan kita asal koment, bahkan kita tidak memandang fisik atau latar belakangnya dia sebagai apa. Jadi nilai persahabatan yang di bangun adalah berdasarkan ketulusan yang suatu saat bila ada kesempatan di pertemukan didunia nyata, wah itu sangat menyenangkan sekali. Bisa saja anda kebawa untung atau ikut ngetren, ya ga? hehehe. Lagi juga siapa tau anda bisa menemukan cinta sejati dari blog, dari pengujung setia misalnya (ngarep.com, yang belum pernah terlaksana oleh ku... hahaha)

Dan karena ngeblog adalah saling tukar ilmu, kadang juga berdampak sangat baik untuk kehidupan nyata anda. Misalnya kita bisa berkenalan dengan seorang penulis, wartawan atau bahkan seorang pengusaha. Efeknya, wah bisa di kirimin hadiah yang istimewa, ada yang buku atau bahkan sekedar cindramata khusus untuk anda, menari bukan. Itu buah dari sebuah ketulusan dari ngebangun blog.

4. Belajar Menulis

Dari blog juga tanpa kita sadari kemampuan kita selalu di asah kemampuan menulis kita. Dan saya merasakan itu,
dari blog cerita anak kost yang sederhana ini saya menyadari kemampuan menulis saya semakin baik. Oleh karena itu saya memutuskan untuk menjadi penulis, tahun 2013 esok saya akan menerbitkan sebuah buku 'Riza si Anak Singkong' yang akan akan di peruntukan untuk anak dibawah 10 tahun.
Terus terang menulis itu tidak mudah, coba saja buktikan untuk menulis satu paragraf saja tentang diri anda. Saya jamin anda pun akan kebingungan darimana harus menulis dan mengawalinya, seperti yang teman saya alami. Akhirnya saya mengajurkan teman saya, ud nulis dari manapun yang ada di otakmu, ga usah di pikir baik buruknya, yang penting tulis aja tulis. Saya memberi contoh : 'saya riza, saya bersal dari keluarga sederhana...' dan sebagainya dan sebagainya, akhirnya pun dia berhasil menulis. Padahal dia ud sejam di depan buku, dan cuma mendapatkan satu paragraf padahal besok harus di kumpulkan. Dia bingung harus memulai dari mana, dan saya memberikan sedikit tips untuknya, alhamdulilahnya, dia justru dapat menulis panjang lebih dari yang di targetkan.

Menarik kan, itu baru contoh, coba kalau anda menjalani sendiri kegiatan ngeblog, saya yakin kemampuan menulis anda akan jauh lebih baik, bahkan chairul tanjung pun akan kalah.. hehehhe

5. Uang

Manfaat lain dari ngeblog adalah anda bisa dapet uang. Walaupun ada sebagian orang yang memang bertujuan mencari uang dari blog, saya sarankan anda untuk tidak menjadikan itu sebagai hal utama. Mereka mereka yang mendapatkan uang dari blog, ia tidak memulai untuk uang, tapi sekedar iseng dan akhirnya justru mendapatkan uang. Kalau anda memulai karena uang, yang ada setres uang ga kunjung datang dan ngeblog pun jadi berantakan. Mending ngalir aja, uang itu bonus ko.

Banyak hal memang cara mendapat kan uang dari blog, ada yang dari iklan ada pula dari hal yang pasti seperti mengikuti kontes tertentu. Dan tak sedikit teman teman yang justru dapat barang yang lumayan cuma dari kontes sederhana yang mereka ikuti, menarik kan. Dan ini juga yang membedakan dengan kegiatan sosial dari internetyang lain, kalau anda aktif di facebook bertahun tahun bisa kah anda mendapat kan uang darinya? mungkin bisa dari bisnis, tapi kan itu memang khusus berfacebook ria untuk uang. Coba juga dari kaskus, twitter atau kegiatan lainnya, bisa kah dari iseng iseng lalu anda dapet uang? tidak kan. Bandingkan dari blog, mungkin awalnya iseng aja tulas sana tulis sini, dan kemudian ternyata sambil berjalannya waktu kita memasang iklan di blog. Lama kelamaan pendapatan juga bisa menjadi nyata, dan blog yang kita banggun tetap menjadi milik kita tanpa interferensi lainnya.

Coba bandingkan dengan kaskus, sebuah forum terbesar di indoneisa misalnya. Bertahun tahun kita bangun, acount itu tetap milik kaskus dan kita harus tunduk kepada administrasi di sana. Yang suatu saat pun, anda bisa di banned dari akun tersebut dan anda tidak bisa apa apa lagi. Saya cerita ini, ya karena saya pun pernah mengalaminya dan punya pengalaman buruk di dalamnya seperti yang saya ceritakan ngaskus atau ngeblog. Di blog, akun anda tetap akan menjadi milik anda selamanya dan kalaupun di banned oleh salah satu pengilkan, anda masih bisa mencari sumber pendapatan lainnya. Ya, itu sebuah pilihan bagi anda.

6. Expresi diri

Ngeblog juga bisa untuk expresi diri. Menulis cerita, menulis puisi atau sekedar diary online. Lumayan, dengan ngeblog paling tidak kita tidak menggunakan kertas untuk menulis cerita sehari hari. Paling tidak, ikut mensukseskan program yang sekarang lagi di gembar gemborkan, go green. Ya ga?

Kenapa Harus Punya Blog

Banyak hal yang bisa kita expresikan dari sebuah blog, selain tulisan kita pun bisa menampilkan berbagai pernak pernik atau tampilan tertentu, tema misalnya. Dengan tema blog yang menawan, penuh warna dan lain sebagainya, itu dapat menunjukan expresi diri kita. Enak loh ngedat edit template blog, kita bisa memodifikasi template download dengan sesuka kita. Kita jadi belajar sedikit tentang HTML dan susunan di web, lumayan lah paling tidak jadi tidak gapetek lagi. Ya ga?

Ya kurang lebih itulah beberapa alesan saya kenapa kalian harus punya blog, bukan suatu keharusan memang tapi itu sebuah kesenangan. Mungkin, dari teman teman yang lain bisa bercerita kenapa harus punya blog

Fariza Indrianto Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, December 09, 2012

{ 38 komentar... read them below or add one }

Muro'i El-Barezy said... Reply Comment

semua sama gan, cuma nomer 5 lima yang belum hihi...sukses selalu gan

Reo Adam said... Reply Comment

point yg ke 5 kayaknya belum sampai kesitu gan.
yg penting happy dulu.....:)

budi os 19 said... Reply Comment

klw sy memang hanya buat hiburan dan mencari pertemanan bang....

kan keren tuh lewat ngeblog kita bisa berinteraksi dg temen blogger lintas kota,daerah bahkan lintas dunia dan benua....hehe

mav ya bang...baru nongol di sini....urusan darat padat merayap....hehe :)

Dapah blog said... Reply Comment

Kalau ane ngeblok untuk membagi ilmu dan pengalaman, hehehe...

Sukses selalu sob...

Masnady said... Reply Comment

Bener bgt sobat. Tapi poin ke 5. Saya belum pernah dapat. He he he

diniehz said... Reply Comment

aaaak, kok tema postingan kita hari ini mirip sih? hihihi.. alasan saya punya blog? baca aja di blog saya ya :p

Cirebon-Cyber4rt said... Reply Comment

kalo saya hanya untuk iseng mengisi waktu luang sobat :)

zachflazz said... Reply Comment

mau nulis buku? woww, mantap deh. seneng banget dengernya. keren. beneran saya tunggu loh bukunya. saya pesan satu pokoknya.

anisayu said... Reply Comment

asik punya blog, ga usah punya buku harian, sewaktu waktu tinggal tuliskan apa yang dibenak , mau nangis, tertawa , bahagia kutuang ke blog semua hehehe

agus bg said... Reply Comment

gimana ya bingung juga ane.. ingin berbagi yang bermanfaat, untuk arsip bisa di buka buka yang pernah ane buat, yang penting happy ajalah...

yusran dante said... Reply Comment

yang paling penting menurut saya yaitu belajar menulis,karena dengan blogging kemampuan menulis akan lebih terasah dan menjadi lebih baik...

Odingk Prakoso said... Reply Comment

bagi saya melalui blog saya bisa berbagi ilmu yang bermanfaat dan bisa sosialisasi yang menjangkau seluruh dunia,, keep posting sobatttt

cak oni said... Reply Comment

kalo saya penyebab utamanya punya blog karena tugas kang :d , ,yang kedua karena mau berbagi info :D

Bagus Sugiarto said... Reply Comment

Setuju gan, yang paling penting bisa berbagi pengalaman dan sebagai dokumenasi.

Bung Penho said... Reply Comment

"bukan suatu keharusan tetapi kesenangan", saya setuju itu. karna blog dikhususkan untuk itu!
seorang blogger adalah produsen konten. ketika konten yg di share bermanfaat besar bagi pengguna media online, poin nomor 5 pasti akan datang menghampiri.

Thanjawa Arif said... Reply Comment

setuju kang :sudah menyenangkan, bertambah wawasan, banyak relasi dan akhirnya ada yang dapat bonus

Deby Putra Bahrodin said... Reply Comment

kalo aku uangnya aja mas ... tapi menjadi blogger yang benar-benar sejati adalh impian setiap insan blogger tentunya mas

catatan-r10.com said... Reply Comment

menulis ekspresi diri ga cukup dengan hanya 160 karakter :p

makanya ngeblog :D

Rohis Facebook said... Reply Comment

klo sy cz dakwah dan ingin mengenal muslim dr luar makassar.. *smile

Stupid monkey said... Reply Comment

apapun aktifitasnya, ngeblog bikin otak stupid monkey lebih positif, hehehehe :D

Nafi Abdul Hakim said... Reply Comment

alhamdulillah udah semua, tapi yang cari uang kurang maksimal.. hehehheheh dulu iseng-iseng blog review....


makasih makasih infonya kang

terawangsuji.blogspot.com said... Reply Comment

saya dah dpt bnyk manfaat dari blog....enak bgt..lumayanlah..hehehehehe

Zevin said... Reply Comment

Saya setuju dgn kmu sob, ngeblog itu lebih menyenangkan daripada sosial media.
Alasan saya pnya blog adlh saya suka nulis dan berbagi.

Baju Muslim Anyar said... Reply Comment

benar sekali sobat, blogger emang jago menulis :)

Asep Haryono said... Reply Comment

hiehieiee tema yang laris manis dan dibidik page rank hiehiehieiee mancapsssssssssssssss

Yuyud said... Reply Comment

Bener sob. Awalnya saya tidak bisa menulis. Namun semenjak ngeblog saya jadi lancar menulis. Terimakasih klinik tongfang. *eh

TABUHGONG said... Reply Comment

blogging memang banyak manfaatnya yaa..

TABUHGONG said... Reply Comment

blogging memang banyak manfaatnya yaa..

Andy Sudarmanto said... Reply Comment

saya lebih menikmati ngeblog untuk menulis,karena saya ingin belajar nulis mklum aja tulisan di blog masih jelek & kagak jelas isi'a alias amatiran

emmethe said... Reply Comment

iya nih sob ,, kalo saya buat blog untuk berbagi ilmu dan pengalaman, n bisa dapat ilmu juga dari temen2 bloger yang lainya.,.,.
dan juga untuk meng expresikan suasana hati saat galau, senang hikhik ...

Rohis Facebook said... Reply Comment

jalan2 siang... *smile

cerita anak kost said... Reply Comment

@moroi. ya jangan di paksa gan, pelan pelan aja. ntar juga kesampean ko. ok

teropongku.com said... Reply Comment

Kalo saya kayaknya cenderung yang no 5 deh mas. Sekedar esenangan aja, tapi memang membuat ketergantungan

teropongku.com said... Reply Comment

Mungkin saya cenderung yang ke No 5 mas,

cerita anak kost said... Reply Comment

@zac. iya gan, buku untuk anak anak. lumayan lah... hehehhe

cerita anak kost said... Reply Comment

@zevin. wah ternyata ada yang setuju dengan pendapat ku juga. ok gan, tenkyu nie.

cerita anak kost said... Reply Comment

@supid monkey. iya gan, kadang kalau ga ngeblog malah pikirannya suka macem macem, malah jadi jelek.

Rizal uye said... Reply Comment

setuju neh

Post a Comment