Kost Yang Nyaman

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Tuesday, January 22, 2013

Kost yang nyaman seperti apa? ehm, mungkin lain orang lain pula pendapatnya. Ada yang mengangap kost nyaman itu dari segi teman, karena temanya enak makanya dia nyaman. Ada pula yang karena duit, dimana kost nya murah, itulah yang nyaman. Dan karena beberapa faktor itulah, makanya cerita anak kost tertarik untuk membahas seperti apa kost yang nyaman.

Apa saja yang membuat nyaman kost?

1. Fasilitas

Fasilitas bisa jadi faktor utama kenyamanan, dan artikel ini berawal dari celotehan teman saya yang ketika main ke kost ku dia kaget. Dia tanya, 'kamar mandinya ada berapa?' aku bilang 'ada lima'. Karena kost ku gede, ditambah juga tingkat, jadi kamar mandi untuk setiap lantai ada 5. Dan dia ternyata sempat mengeluh tentang kamar mandi di kostnya. Kenapa coba? karena kamar mandinya cuma dua, emang si kostnya tidak terlalu besar, cuma sekitar 5 orang di kost tersebut. Logikanya mungkin cukup lah, tapi masalanya yang gunain kamar mandi itu tidak hanya anak kost.

Si empunya kost juga make itu kamar mandi, di tambah kamar mandi itu pun buat umum, jadi ada orang luar pula yang make. Wah kebayang dah kalau pagi, mau berangkat kerja dan semuanya di waktu yang sama, yang ada ngantri. Dan kemarin pas aku main ke kostnya, pas pengen kencing aja ternyata ada yang make, aku datang lagi setelah 10 menit masih aja ada yang make, sampai berkali kali. Dan akhirnya aku baru bisa make setelah menunggu sekitar 45 menit, dan itu pun lagi ada orang yang sedang sedang membersihkan kamar mandi. Terpaksa minta aja dulu, daripada nahan nahan jadi sakit.

Nah faktor fasilitas seperti WC atau kamar mandi, bisa jadi faktor penentu kenyamanan. Percuma aja murah tapi kalau ternyata mandinya ngantri, kamar mandinya jorok, atau airnya tidak bagus. Makanya, baca ciri kost yang baik supaya bisa terhindar dari hal hal demikian.

2. Harga

Harga kadang emang menjadi sesuatu yang menjadi penentram. Walaupun kadang emang, harga tidak menjadi jaminan, tapi harga kost bisa menjadi pengganjal. Misalnya, harga kost yang boleh di bilang terlalu mahal, bisa jadi si penghuni lama kelamaan mikir, wah mahal juga ya kalau di pikir pikir kost di sini, setahun bisa habis banyak.

Harga kost sebenarnya itu relatif. Ada yang mungkin bagi seseorang itu bisa jadi mahal, bagi orang lain, sewa kost segitu bisa jadi murah. Nah baru baru ini saya mengalami kejadian di jogja, dimana kalau boleh di bilang harga makanan relatif lebih murah daripada jakarta, tapi ternyata, harga kost kostnya bisa jadi lebih mahal dari pada jakarta. Dan parahnya, kebanyakan si empunya kost itu minta uangnya selama setahun penuh. Jadi berkisar 2.5 sampe lebih dari 5 juta pertahun. Mahal juga ya (menurut saya), apalagi duit segitu langsung itu darimana?
Gaji dua bulan bisa habis cuma untuk bayar kost aja, mahal kan?

3. Keadaan Kamar

Keadaan kamar maksudnya adalah apa yang ada di kamar, sedikit beda si dengan fasilitas. Saya pernah lihat kost murah, pas itu cuma 300 ribu, tapi begitu liat kamarnya, wah lembab sekali dimana alasnya cuma bertatakan karpet plastik. Ventilasi ga ada, dinding basah. Saya pikir, 3 bulan di sana bisa bisa paru paru basah dah.. hehehe. Trus lagi disamping kesehatan kamar, faktor barang barang di kamar juga merupakan kenyamanan. Ada kost yang memang di tempati kosongan, artinya ga ada meja, lemari atau tempat tidur. Di sisi lain, ada pula yang kita tempati sekaligus semua itu sudah ada. Menurut saya yang nyaman ya yang sudah ada barang barangnya di kamar.

Jadi sudah termasuk fasilitas kasur dan lemari, kita tidak perlu membeli barang barang dari luar lagi. Sebab apa? kalau nantinya kita ga betah di sana, kita tinggal angkat kaki tanpa perlu memusingkan barang barang. Kebayang kan kalau pindahan harus bawa kasur, lemari dan lain sebagainya? repot booo.

4. Lingkungan Teman

Kost Yang Nyaman
Teman adalah faktor lain, kalau temanya baik, kita pun akan betah di sana. Apalagi kalau dia mau berbagi fasilitas apapun yang di punya, kita boleh make. Lumayan dah kita bisa main PS atau sekedar liat TV di kamar teman.

Tapi ada loh, teman kamarnya yang ga tau diri. Udah jarang ngobrol, ga tau aturan lagi. Yang pernah saya alami, teman kost saya itu kalau bunyiin alarm ga pake otak. Alarmnya bunyi, dianya masih enak tidur. Yang ada, saya yang jadi bangun, dan tergangu malah karena alam itu berbunyi berkali kali (setiap 5 menit).

5. Keamanan

Penting sekali nie faktor keamanan, ga lucu kan kalau barang barang yang susah payah kita kumpulkan, kita beli dengan hasil uang sendiri. Ternyata di pinjam (dengan tidak hormat) oleh si pencuri, bisa bisa nyesek tu di dada. Makanya, penting untuk mencari kost yang aman. Dan kita pun perlu tau tips menghindari penipuan untuk anak kost, supaya kita bisa menghindari penipuan yang meresahkan kita.

So, semoga tempat tinggal kita termasuk kost yang nyaman

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Tuesday, January 22, 2013

{ 24 komentar... read them below or add one }

agus bg said... Reply Comment

dirumah saya ada 5 kamar model mes gitu sob, tiap kamar ada kamar mandi 1, dan dapur... harga jika tidak bawa tv Rp 250 rb murah ya sob? ya mudah-mudahan kelak menambah keyamanan penghuninya, karena kenyamanan faktor sangat penting, amin...

zachflazz said... Reply Comment

kalo saya dulu, yang penting di sebelah kost, ada kos2an makasiswi nggak. hehe

cerita anak kost said... Reply Comment

@zac. kost cewe itu emang selalu buat nyaman ya gan. hehehe

cerita anak kost said... Reply Comment

@agus. semoga saja nyaman gan orang orang di sana. :D

Yuyud said... Reply Comment

Wah, harga juga perlu diperhatikan ya. . .

diniehz said... Reply Comment

belom pernah ngekos u,u

Masnady said... Reply Comment

siip sobat, terutama fasilitas dengan harga harus seimbang dan pas....?

tapi saya nggak pernah ngekost sob, jadi belum merasakan hidup mandiri...

Thanjawa Arif said... Reply Comment

wah yang nomer empat itu halus sekali maksudnya ya mas hehe......

infosaja.com said... Reply Comment

Yang paling penting adalah keamanan dari Kost tersebut,karena saat ini banyak problem terutama untuk keamanan dari kost itu tersebut,karena sering kejadian ada kemalingan lah,seperti laptop,hp,uang dan lainnya.

Sob,,YM sobat udah saya Add.Terima kasih.

Asep Haryono said... Reply Comment

Ada satu lagi yang juga sering dicari para koser I(pencari kos) yakni anak kos yang cantik hiehiehiee. Atau juga bapak atau ibu kos yang baik. Telat bayar kos masih senyum hahahahahahhahaaa

Bung Penho said... Reply Comment

kalo boleh nambah nih, selain kelima point diatas perlu juga tentang akses ke tempat tugas/kuliah/sekolah tidak terlalu jauh. karna ini ada hubungannya dengan budget hehehe..

wongcrewchild said... Reply Comment

wuiih nunggu sampe 45 menit, gak rembes tuh ..:)

budi os 19 said... Reply Comment

faktor...tata tertib ga termasuk ya bang..seringkali si bandar kost...memberikan peraturan yg super ketat...

cak oni said... Reply Comment

enak banget kayaknya di kostnya abang , namun saya pernah nge kost kamar mandinya buat bersama , jadinya antri ,sungguh butuh kesabaran

Rohis Facebook said... Reply Comment

satu lg yg pentng.., kostnya dekat masjid *smile

xi-game said... Reply Comment

tempat kost yang nyaman menurut ane adalah tempat kost yang ada CINTANya :D

limitpost said... Reply Comment

simpen buat nanti kalo ada apa apa hehehe :D

anisayu said... Reply Comment

kalau nyaman pasti kerasan ya...tinggal di kost :)

Reo Adam said... Reply Comment

kalo saya biasanya lebih memilih tempat kost yang jauh dengan jalan raya....bising soalnya.
lebih baik milih yg agak kedalem dikityang suasanya agak tenang,trus kalo bisa dekat dengan masjid.

f4dLy :) said... Reply Comment

Kalau aku sih yang utama itu kondisi dulu... tapi keamanan juga salah satu priorotas sih... :D

Dihas Enrico said... Reply Comment

yg jelas bu kosnya ga jangan yg cerewet...
hahaaa...
:P

teropongku.com said... Reply Comment

Kalo kos-kos an saya sendiri memang bermasalah sama Kamar Mandi, taspi untuk poin lain kayaknya Fine aja. makanya masih betah

Rajawali Asia said... Reply Comment

saya setuju gan,,
karena kita ngekos cukup lama, kenyamanan sangat penting buat anak kos,,hehe nice share..
salam blogger..

miztia-respect said... Reply Comment

lingkungan teman -,- .

Post a Comment