Bayar Kost Bulanan

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Sunday, May 26, 2013

kost memang identik bayarnya dengan bulanan walaupun tak jarang pula ada yang minta tahunan atau lebih umum triwulan. Dan jenis kost yang paling umum yang pernah saya temui ya memang bulanan bayarannya, kalau yang triwulan atau tahunan baru baru ini saya temukan di jogja. Selama saya merantau di purwokerto, surabaya, depok atau sekitarnya kebanyakan memang kostnya bulanan. Paling tidak, ada yang mensyaratkan kalau masuk pertama, harus bayar 3 bulan sekaligus namun setelah itu ya kembali lagi, bayar kostnya bulanan.

Bayar Kost Bulanan
Bayar kost yang bulanan itulah yang membedakan dengan kontrakan, seperti yang pernah saya ceritakan beda antara kost pesantren kontarkan dan asrama. Yang salah satu hal mendasar adalah cara pembayarannya, biasanya kalau bayar tahunan itu untuk kontrakan. Keuntungan bayar bulanan untuk kostan adalah lebih murah. Sederhana sekali, terasa lebih murah pembayarannya di banding dengan yang tahunanan atau tengah tahun. Terutama bagi mereka yang kerja, karena mereka emang harus mengumpulkan duit sendiri sebelum bisa membayar kost, jadi bayar kost bulanan terkesan lebih murah.

Seperti kost saya yang saya tempati di jogja, sebulan saya harus membayar 400 ribu. Ehm, murah si karena ga terasa bayarnya. Walaupun kadang kalau di pikir lama kelamaan, mahal juga kalau di kumpulkan tiap bulan, satu tahun bisa 5 juta untuk biaya kost. Cuma pertimbangan saya waktu itu, karena saya baru kerja jadinya kalau untuk bayar kost yang tahunan, yang kebanyakan minta 2 juta lebih harga segitu saya tidak sanggup karena belum ada duitnya terus terang.

Bayar Kost Bulanan
Kalau kost setahun 2 juta, berarti perbulan kostnya itu kurang dari 200 ribu, murah ya kalau di pikir dan di banding dengan yang saya keluarkan. Tapi kembali lagi, duit dua juta di muka bukan perkara yang mudah. Dan lagi, pertimbangan saya waktu itu, kalau sewaktu waktu saya tidak betah atau saya tau permasalahan di kost itu, seperti saya ceritakan dalam ciri kost yang baik dan tidak termasuk seperti kost yang nyaman yang saya bayangkan, saya akan lebih rugi karena saya harus menghabiskan selama setahun disana.

Sayang juga saya pikir, tapi itulah keuntungan dan kekurangannya bayar kost bulanan atau tahunan. Yang jelas kalau dengan bulanan, kapanpun saya pindah tidak perlu menunggu lama, bulan berikutnya pun saya bisa pindah.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Sunday, May 26, 2013