Pilih Kerja atau Kuliah

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Friday, June 15, 2012

Pilih kerja atau kuliah, kuliah atau pilih kerja ya? mungkin pertanyaan itu terbesit oleh sebagian orang, apalagi bagi mereka yang baru-baru ini menyelesaikan belajarnya se-tingkat SMA. Milih kerja atau kuliah enaknya? ehm, pertanyaan yang gampang-gampang sulit untuk di jawab karena memang tidak ada panduan dan pedomannya, semua tergantung pada diri anda sendiri. Banyak fakor memang yang menentukan pilihan kuliah atau keja, faktor keuangan, keluarga, lingkungan, kebutuhan dan lain sebagainya. Semua saling terkait dan membentuk pilihan kerja atau kuliah.

Kalau urusan keuangan, ini memang yang mejadi penutup kemungkinan kita untuk kuliah. Seolah tidak ada jalan lagi untuk meneruskan ke perguruan tinggi, namun tidak sepenuhnya pendapat bahwa tidak ada uang tidak bisa kuliah. Masih ada jalan untuk kuliah seperti mencari beasiswa, mencari orang tua asuh atau kita bisa bekerja sambil kuliah, asalkan niat kita untuk belajar memang kuat, pasti ada jalan untuk meraihnya. Seberapa kuat keinginan kita untuk kuliah itu di pengaruhi oleh motifasi, keluarga dan tujuan akhir dari perkuliahan, oke lah mari kita bahas apa si untungnya kuliah itu?

Pilih Kerja atau Kuliah, kuliah atau kerja, mending kerja atau kuliah, bingung nentuin pilihan kuliah atau kerja, nyari kerja atau kuliah, mau kemana setelah lulus sma

Pertama, kuliah itu mempermudah kita dalam mencari pekerjaan dan itu memang ada benarnya. Kalau kita melamar pekerjaan di tinggkat SMA, kita akan bersaing dengan banyak orang, beda dengan kita melamar pekerjaan pada tinggkat pendidikan tinggi, persaingannya lebih kecil, lebih spesifik jurusan tertentu. Kemudian dari struktur gaji, gaji untuk yang mengenyam pendidikan tinggi jauh lebih besar daripada yang tingkatan SMA. Kemudian dari segi karir pula, pekerjaan dan jabatan tertentu akan terbuka lebar bagi mereka yang punya gelar di perguruan tinggi. Itu dari segi harta, lalu keuntungan lain dari orang yang kuliah adalah pola pikirnya terbentuk, jadi ia lebih bisa menyelesaikan masalah dengan cara sistematis karena dalam perkuliahan memang di ajarkan dan didiki seperti itu.

Kemudian dari cara bergaul, orang yang pernah berada di pendidikan tinggi punya pergaulan dan pengalamna yang luas, bayangkan saja, dalam satu jurusan di kampus biasanya terdiri dari beberapa orang suku dan daerah, kita bisa belajar dan memahami karakter orang dari daerah lain dengan bergaul. Mungkin saja sesuatu hal di daerah kita biasa, di daerah lain menjadi tidak boleh atau bisa jadi mengherankan. Bandingkan dengan tingkat SMA yang hanya sebatas teman satu kompleks, satu daerah atau hanya satu kawasan saja. Di lain pihak, jadi anak kuliahan punya kesempatan besar untuk jalan jalan, keluar kota ke daerah lain sampe keluar negri gratis, dan itu semua mungkin terjadi. Namun yang paling fundamental dari kita memilih kuliah itu adalah kita bisa mencapai cita-cita kita, menjadi apapun yang kita inginkan, doketer, insinyur, pengacra dan lain sebagainya.

Ok, sekarang kita juga melihat realitanya kalau keputusannya harus kerja. Apa si enaknya mengambil pilihan kerja setelah SMA? tidak lain dan tidak bukan adalah uang, 'orang kuliah ujung-ujungnya juga nyari uang, jadi mendingan nyari uang dari sekarang', mungkin ada yang berpendapat sperti itu. Belum lagi pengaruh dari lingkungan apabila kalian hidup di lingkungan yang tidak banyak orang yang berkuliah, lingkungan pekerja misalnya, mungkin bila di kasih pilihan kuliah atau kerja, mending milih bekerja, habis teman temannya juga kerja. Tidak sepenuhnya salah, memang yang namanya uang itu mengasiknya, kita bisa membeli apapun yang kita mau. Dengan uang juga, kita tidak lagi mengandalkan kiriman orang tua, justru kita bisa membantu orang tua. Dengan uang, kita pun bisa membahagiakan adik, teman dan lain sebagainya.

Jadi memang enak punya uang itu, namun hal yang pelu di perhatikan pula, bahwa nilai uang bisa berkurang, sekarang mungkin uang itu cukup untuk memenuhi kebutuhan bahkan bisa di bilang lebih, untuk kondisi saat ini dimana anda masih bujang atau perawan. Namun suatu saat nanti, kalian kan perlu berkeluarga, memiliki suami atau istri dan akhirnya punya anak, apakah dengan uang segitu masih cukup? ehm, sebaiknya itu perlu di pertimbangkan. Apalagi dengan keadaan kalian yang cuma lulusan SMA pada saat bekerja, bisa jadi posisi atau jabatan kalian di tempat kerja tidak selamanya bisa bertahan lama, paling tidak akan sulit naik tinggkat. Kalau kata orang bilang, mentok di posisi ini.

Belum lagi mereka telah bekerja setelah mapan dan nyaman di kerjaanya (terlepas dari berapapun yang ia dapatkan) apalagi yang akan dia lakukan? biasanya si terus kawin. Habis mau ngapain lagi? ud kerja, ud punya uang. Ya dari pada ngangur, mending kan kawin, punya kegiatan (heheh, kegiatan apa ya? heheh). Bener ga seperti itu? soalnya penelitian yang aku amati (gaya bahasanya ya, pake istilah penenlitian, padahal cuma mengamati orang sekitar aja, heheheh), memang seperti itu, orang yang sudah bekerja (walaupun dia hanya dari SMA) ga lama setelah kerja, ya mereka kawin. Emang si anda enaknya, seperti apa enaknya kawin ya saya ga di bahas disini lah, mungkin bisa baca sendiri di malam pertama di kost, mungkin seperti itu rasanya hehehe.

Jadi pilih mana, kerja atau kuliah? itu ada di tanggan anda. Semua punya nilai baik dan buruknya, namun yang paling penting adalah anda harus bisa melaluinya dengan sabar, jangan menjadikannya beban, nikmati saat ini, bahagia saat ini lalu silahkan ambil keputusan yang tepat antara kuliah atau kerja. Kalau kuliah tentu akan memakan biaya namun di sisi lain tentu suatu saat nanti akan memiliki taraf hidup yang lebih baik. Sedangkan kerja, memang saat itupula uang akan di peroleh namun apakah cukup untuk lima atau sepuluh tahun ke depan? di sisi lain, tidak sepenuhnya benar kalau kuliah itu menghabiskan biaya, kita bisa ko membagun usaha sejak mahasiswa dimana kita bisa menambah uang jajan dan bulanan kita, di sisi lain banyak pula yang akhirnya terjun jadi pengusaha sejak mahasiswa. Mungkin untuk yang memilih bekerja, ada baiknya juga mempersiapkan pedidikan untuk menujang pekerjaanya dan bisa menaikan taraf hidup nantinya, bisa ambil kuliah malam atau bisa mengambil program extensi. Memang si rejeki di tanggan tuhan, tapi paling tidak kita pula kan yang merencanakan dan memperbaiki kualitas diri kita sendiri, jangan hanya mengandalkan doa saja.

Mungkin bagi teman taman yang lain mau sharea apa untungnya kuliah atau kerja, boleh, agar teman teman pembaca bisa tau dan mantap mengambil keputusan pilih kerja atau kuliah.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Friday, June 15, 2012

{ 89 komentar... read them below or add one }

Blog Keperawatan said... Reply Comment

Dulu memang memutuskan untuk bekerja setelah menyelesaikan kuliah sahabat, karena itu juga keinginan orang tua. Dan setelah bekerja pengin juga kuliah. Hanya saja tempat saya bekerja ada ketentuan tersendiri kalau mau melanjutkan kuliah.

Oh ya sahabat, alexanya bisa bagus seperti itu, adakah rahasianya sahabat menurunkan dan diet alexa rankingnya

si binal said... Reply Comment

hmm... ane pilih kerja..hehe

Pengisah said... Reply Comment

ane pilih kuliah dan selagi masih mampu ... mohon doanya kang :)

Fahri Samudra said... Reply Comment

Wah, Mas, artikel ini merupakan kumpulan dari beberapa "artikel" ya... Kreatif, hehehe.... Soal memilih, ane sih pilih kulian dulu Mas, sambil kuliah 'kan bisa usaha, seperti kata Mas di atas, sambil kuliah, sambil kerja, jadi OP warnet bisaaa..., jadi nganter pesanan roti bisaaa... Semua bergantung pada kemampuan manajemen waktu dan tenaga kita, so... Pikir matang-matang ya sobat-sobat

secangkir teh dan sekerat roti said... Reply Comment

jelas ane sudah selesai kuliah.. :)

agusbg said... Reply Comment

yang terpenting tidak menjadi beban saat memilih salah satunya.. terkadang saat ingin kerja dulu baru kuliah saat mendapatkan kerja sudah lama mau kuliah sudah terlanjur malas..

saat kuliah sambil kerja, di saat kerja terpikir tugas kul yang belum di kerjakan jadinya kerjaan tidak konsen...

memang semua kembali ke masing masing.. andai ada uang sebaiknya kuliah lebih utama (bisa konsen kul),

jika uang pas pasan sebaiknya kerja, tapi di saat waktu luang bisa sambil belajar, itu menurut ane sob...

Drieant said... Reply Comment

wah si abang nie ada ada aja, ternyata pake id itu toh. bikin penasaran orang. :))

Djangkaru Bumi said... Reply Comment

Kalau saya punya saran yang baru lulus. Tetaplah dan berusahalah untuk tetap melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Ilmu itu lebih penting bagi yang masih muda. Mumpung isi kepala masih fres pastinya jika untuk kuliah lebih mudah menyerap ilmu. Berusahalah untuk kuliah yang penting daftar dulu untuk urusan belakang dipikir belakang.
Saya nyesal tidak melanjutkan kuliah walau dulu banyak tawaran biasiswa bahkan ada orang yang mau membiayain tapi aku tolak karena aku merasa besok mampu untuk kuliah sendiri jika sudah kerja, ternyata giliran mendapat kerja badan dan pikiran sudah capek duluan dan tidak ada waktu untuk kuliah lagi karena terikat dengan jam kerja.

anisayu said... Reply Comment

dulu aku pingin kuliah,
tapi akhirnya putusanku kerja sambil kursus,

dan aku tak menyesali
karna ilmu didapat tak hanya dr perguruan tinggi,
tapi bisa dr mana saja yg penting kemauan hati…

Uzay said... Reply Comment

seniri <--- kurang d bang..

ya kalau memang ada biaya yang mendukung lebih baik ambil kesempatan kuliah, banyak loh yang ngga punya biaya tapi pingin kuliah. tapi yang punya biaya malah enggan males-malesan kuliah. kalau pemikiran kerja dulu baru sambil kuliah menurut gw kurang tepat. cause kalau udah masuk dunia kerja beda lagi. membagi waktu dan kesempatan untuk kuliah itu susah karena faktor kesibukan. meskipun belajar ngga harus di bangku sekolah lebih bagus praktek di lapangan. tapi kalau di lihat dari persaingan dunia kerja sekarang ya sepertinya itu jadi modal juga =)

SAZLINA COMP said... Reply Comment

kuliah dulu sob

Bung Penho said... Reply Comment

wah, agak sulit di komentari nih!. kalo menurut pengamtan di Indonesia bnyk yg nyari kerja dulu baru kuliah. wajar juga sih, krna sulitnya mencari pekerjaan. tp buat yg punya modal, mending kuliah aza dulu krna ketika otak udah dibanjiri ilmu, tinggal penerapannya aza dgn bantuan modal yg udah tersedia. misalnya menciptakan lapangan kerja sendiri. so, ngikut kalimat "keputusan anda ditangan anda".

sc said... Reply Comment

susuasu banget nih post
pas buat ane yang baru lulus sma
:D

Andy said... Reply Comment

kalau saya kerja dulu mencari uang buat kuliah,lalu kuliah dengan biaya sendiri itu jauh lebih elegan dibanding langsung kuliah dengan mendapatkan nilai cumlaude

Ririe Khayan said... Reply Comment

Dan kalau bicara tentang pilihan kuliah atau kerja...saya lebih pilih bisa kuliah sampai maksimal tapi juga bisa nyari costnya sendiri. Yahh, meski dulu saya belum bisa 100% coverage biaya kuliah..setidaknya lebih enak kok jika bisa kuliah dan ambil side job atau jadi free lancer. Lebih baik lagi jika membangun usaha sejak dini tanpa mengabaikan porsi utk kuliah...

SANG PEMBELAJAR said... Reply Comment

Wuih... mantap mas Bro artikelnya,
Padat dan berisi, Lanjutkand perjuangan... :D
Oia, menyapa perdana Sobat, skalian izin share : MP3 Inspiratif Bag. XII, reviewnya ditunggu, thanks... salam bLogger, :)

Obat Tradisional Alami said... Reply Comment

kalau menurut saya kuliah juga itu sangat bagus karena untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik pula.. dan terutama menambah ilmu..

zachflazz said... Reply Comment

idealnya kuliah sambil kerja. atau seandainya kuliah menjadi fokus utamanya, tetaplah mencari cara buat berkarya yang menghasilkan uang.

kalaupun nanti ada pengeluaran yang agak ekstra, misal traktir pacar etc, kita nggak merasa salah-salah amat.

awan said... Reply Comment

heheheh kalo saya sebenrnya pilih kuliah sambil kerja , tapi berhubung udah terlanjur hanya mendapati janji2 palsu keluarag sehingga dulu kesempatan kerja sempat terbengkalai, Dana udah keluar banyak dari kantong pribadi waktu udah terbuang , jadinya g bisa kuliah, Janji keluarga yang ingin mendaftarkan kuliah ternyata bohong :D
ya sudahlah , sekarang milih kerja aja , ,, mandiri bener2 mandiri g peduli kata orang ,
yang terpenting , adlah

jujur , tanggung jawab dan bisa dipercaya itu kuncinya :P

cik awi said... Reply Comment

Dua-duanya gan.. kerja sambil kuliah kalau memungkinkan

EYSurbakti said... Reply Comment

yak, itu keputusan yang susah juga sih bang ..
argumen lo banyak benernya, yang soal kalo udah kerja itu biasanya cepet kawin juge, temen gue ada beberapa ,
kalo gue pribadi si lebih milih kuliah dulu .. karena kuliah itu biasanya lebih prospek untuk kerja di kantor .. :D

Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!) said... Reply Comment

nikmati, dan semuanya akan jadi lancar :)

cak oni said... Reply Comment

memang sekarang semua orang yang baru lulus lagi bingung mau pilih kerja atau kuliah

Popi said... Reply Comment

kuliah dulu, terus nanti kerja- boleh! tapi kalo mau kerja dulu, terus ntar nyambi kuliah malam- boleh juga! Ga ada yang 'berat' dalam hidup ini. Semua tergantung bagaimana kita menjalaninya. Enjoy aja!

Lulu Syifa Fauziah said... Reply Comment

Yahaa artikelnya oke nih. Tapi aku mah masih kelas 11 setaun lagi di VHS. Taun depan baru keputusan kayak gimana.
Tapi kalo aku yang ditanya mau kerja atau kuliah ya kalo gak kuliah berarti gak bisa jadi apoteker dong hoho #harapan :D

Peluang Usaha said... Reply Comment

Bener bro, bila ada niat untuk Kuliah. Pasti tercapai!!
tiap malam saya kerja n siangnya kuliah + tempat kerjaku dengan kampus lumayan jauh yaitu 1 jam perjalanan. Capek bnget!
Aktifitasku ini udah saya jalani selama 4 semester.
moga aja cepet lulus bro. Do'ain z!!!

nita said... Reply Comment

Kalau berpeluang pasti saya pilih kuliah..
Ada banyak faktor kenapa ada yang memilih kerja bukan kuliah.
Tapi benar juga sekiranya tiada kelulusan, gaji juga berkurangan walaupun kita boleh kerja. Zaman sekarang ramai yang berpendidikan tinggi pada yang tidak pasti hidup tak semewah yang lain.
Dulu aku bekerja sambil belajar, memang sukar tapi berhasil juga... sekarangpun aku masih mencari peluang utk belajar lebih tinggi...
Mencari Ilmu tak kira usia kan..^_^

NF said... Reply Comment

pilih kerja sambil kuliah aja bagaimana? kuliahnya yang jadi prioritas, kerjanya sampingan sambil diperkuat, nanti pas lulus jadi ga usah nyari kerja lagi karena udah punya pekerjaan hehe

Coretanku said... Reply Comment

saya pilih kul sob he hee

Seniman fotografi said... Reply Comment

Klo kita sanggup knp tidak untuk ke 2" nya sob...^_^

Kini Aku Tau said... Reply Comment

dua duanya memiliki potensi menjadi kaya, tergantung juga gmana cara kita mengolahnya :)

Asalasah said... Reply Comment

saya udah memilih jalan kuliah, jadi harus terus menjalaninya.. masalahnya sekarang ane kuliah kurang fokus, berat banget ke blogginya. hhuhuhu.. padahal kpingin dapat ip tinggi.

amethe Bershandar said... Reply Comment

pilih salah satu atau kedua-duanya ? hik..hik..hik.. :D
kalau ortu mampu ya kuliah , kalo ga ya wes kuliahnya biaya sendiri ,, hehe, itu juga kalau anknya bener-bener kepengen kuliah ...
tujan kuliah itu untuk apa? biar dapat kerjaan-dapat duit. :p
kuliah biar dpat ilmu... :) ilmu bisa jadi uang ... :D

Bang Dayat said... Reply Comment

kalo saya milih kuliah sob, kalo kerja skil saya masih kurang..

f4dLy :) said... Reply Comment

Kalau saran aku sih, lebih baik kuliah dulu lagian bisa juga kuliah sambil kerja kok. Tapi disisi lain, bisa juga memilih kerja dulu baru kuliah tapi terkadang ada orang yang merasa minder saat harus satu kelas dengan adik-adik kelasnya.... itu pendapatku sih :)

ARMAN said... Reply Comment

Pilih kerja sambil kuliah kayaqnya lebih bagus dan bijak, kalau ada yang bentrok bisa minta dispensasi ke kampus

Asis Sugianto said... Reply Comment

kalau saya berada di pilah itu saya mengambil keduanya sobat, sekrang saya sedang kuliah semster 6 dan juga masih mengajar di salah satu sekolah terkemukan di daerah saya + di rumah saya punya usaha service komputer,,, intinya sob, jalani saja semuany, pasti nanti ada jalannya sobat, kesempatan tidak akan pernah datang dua kali sobat....

Ririe Khayan said... Reply Comment

mampir lagi deh...

Drieant said... Reply Comment

wah pengen kuliah lagi nie ya? heheh, orang yang udah kuliah cederung pengen kuliah lagi, ya karena mungkin menemukan banyak keutamaan dari ilmu.

Drieant said... Reply Comment

ok gan, ane bantu doa ya. :)

Drieant said... Reply Comment

iya gan, semua dari niat.
heheh, ga juga ah, ini ya satu artikel, tapi karena terakait dengan artkile lainya, jadinya ya ane masukin juga. untuk memperkuat inbound link juga :0

Drieant said... Reply Comment

trus ngapain dong gan? kerja atau kawing :hammers

Drieant said... Reply Comment

pilihan yang bijak gan, ehm, bner juga ya, klo emang ada uang mending pilih kuliah aja dulu ya. itu yang utama, klo ga ada ya... bner kata agan.

Drieant said... Reply Comment

iya ya gan, klo ud kerja dulu, bandan uda cape ya. ehm, jadinya ga kepikiran kuliah, kebanyakan si gitu dari yang temen temen cerita, eh ternyata ente juga ngerasaain hal yang sama.

Drieant said... Reply Comment

wah iya mba, dapet masukan lagi. ternyata bisa juga ya dari kursus. yang penting kemampuan kita bertambah, dengan demikian peluang dapet rejeki juga bertambah.

Drieant said... Reply Comment

ehm, iya ya gan. ane suka sering salah ketik, maklum itu cirikhas ane. artinya ane ga kompas, ane nulis sendiri. heheh

bner juga, yang uda punya uang biasanya males malesan kuliah, padahla yang ga punya uang mereka pengen banget kuliah. mending di barter aja kali ya.

Drieant said... Reply Comment

heheh, iya gan. ehm, jwaban yang bijak sana nie. iya pada dasarnya memang penting menimba ilmu dulu ya, apalagi kalau namanya masih muda, maka otak masih fres dan segar jadinya makin mudah dalam menerima ilmu. ya ga gan?

Drieant said... Reply Comment

ente baru lulus SMA juga ya gan? :))

Drieant said... Reply Comment

iya ya gan, nilai besar juga kadang di perkulihan belum tentu berakibat banyak, mendig skil di miliki untuk menunjang kehidupan dan keuangan

Drieant said... Reply Comment

bener mba, membangun usaha sejak mahasiswa, jadi tidak selalu dan mlulu tergantung pada dunia kerja aja

Drieant said... Reply Comment

itu ya gan, ehm, tujuan mencari uang untuk mentraktir paca dan lain sebagainya ya... hem, boleh nie. jadi ga terlalu kere kere amat ya?

Drieant said... Reply Comment

wah ternyata agan punya pengalaman yang unik mengenai kuliah y. ehm, menarik nie sudah membagi pengalamnya di sini, iya makasih gan sarannya kalau yang terpenting adalah jujur dan tangung jwab. :D

agus bg said... Reply Comment

omong omong ente masih lama kulnya cepetan lulus hehe..

Muro'i El-Barezy said... Reply Comment

kalo disuruh milih mending kuliah tanpa harus kerja, atau kerja saja tanpa kuliah, bgaimanapun jika keduanya kita ambil jadi setengah-setengah, walaupun pada akhirnya kuliah juga selesai....
jadi kuliah dulu baru kerja lah

Uzay said... Reply Comment

lebih bangga tulisan sendiri ya bang meski banyak kurangnya =)

Drieant said... Reply Comment

ane ud lulus gan, heheh. ane cuma berbagi aja gan :D

Drieant said... Reply Comment

ane ud lulus bang, ane cuma pengen berbagi aja nie di sini :D

Drieant said... Reply Comment

iya gan, itu yang paling penting :D

Drieant said... Reply Comment

ok bang, makasih pendapatnya. nei.

Drieant said... Reply Comment

heheh, iya kan. klo ud kerja, kebanyakan ya kawin, :))
meski kawin itu enak, tapi kan klo kita belum matang, jadinya ntar banyak permasalahannya. misalnya kawin muda, padahal jiwa mudanya masih pengen kluyuran, tapi dia juga harus ngurusin dan gelonin istri, kan jadi dilema.. heheh

Drieant said... Reply Comment

iya ya, semua itu harus di nikmati, dengan demikian kita akan lebih bisa bahagia

Drieant said... Reply Comment

iya, makanya ane nulis ini, sekedar bisa mengingatkan dan memberi masukan. termasuk temen temen yang koment di mari juga memberi masukan semuaa

Drieant said... Reply Comment

wah pilihan yang bijak, bner mba, kalau memang di jalankan dengan enjoy. malah jadi enak dan ga terasa berat ya.

Drieant said... Reply Comment

berarti harus kuliah toh, jadi kuliah lah :D

Drieant said... Reply Comment

wah ente orang yang tekun ternyata ya, ehm, mantap mas bro. ane bantu doa aja ya.. sip

Drieant said... Reply Comment

stuju mba, ilmu kan harus di cari walau sampe mati. jadi tiada batasan usia, orang sudah bekerja kadang sudah malas kuliah, tapi si mba ternyata tidak ya.

Drieant said... Reply Comment

kalau kerja sambil kuliah, itu namanay kerja yang jadi prioritas. klo yang jadi prioritas adalah kuliahnya, berarti namanaya adalah KULIAH sambil Kerja, kerjanya sambilan gitu mba. bukan begitu?

Drieant said... Reply Comment

ok, itu pilihan bagus tu. :D

Drieant said... Reply Comment

bener juga, boleh ko gan, ga ada yang ngelarang :D

Drieant said... Reply Comment

ko ente yang di pikirin malah kekayaan si gan. aneh, ud ngebet pengen kaya ya?

anisayu said... Reply Comment

iya kerja sambil kursus terasa asik, bisa kerja siang malam kursus hehe…

zachflazz said... Reply Comment

ya, hal sepele yang kadang merpotkan ialah... punya pacar saat di kos-kosan. hehe

yahya said... Reply Comment

kalo 22nya keren juga tuh sob,, asal bisa bagi waktu saja.
follow nii ahh,, :)

Ririe Khayan said... Reply Comment

Tidak hanya bisa melepaskan diri dari ketergantungan pada lapangan kerja, tapi suatu kesuksesan tersendiri jika bisa menciptakan lapangan kerja dari usaha yang dirintis sejak dini..

Djangkaru Bumi said... Reply Comment

Setelah nanti diterima kuliah pastinya banyak jalan untuk mendapatkan biaya untuk kuliah salah satunya dengan cara membuka privat pelajaran bagi anak smp atau sma.

Unik Informatika said... Reply Comment

ane milih kuliah dulu baru kerja gan..:)

Fayes Cool Blog said... Reply Comment

Ane pernah kuliah gan dan itu dulu menyenangkan, kalau kerja ane kurang suka... ane lebih suka wiraswasta dan bisnis, lebih senang kalau tak ada atasan wkwkwkwk

Drieant said... Reply Comment

wahhhhh, pengen dapet IP tinggi tapi males usaha, heheh. wah ide baru tu, ane bikin trit ah, Kuliah Atau Ngeblog. heheh

Drieant said... Reply Comment

panjang gan cerita ente, tapi ya bener juga. :D
klo emang orang tua mampu, ya usahakan kuliah lah, ga ada ruginya toh?

Drieant said... Reply Comment

iya juga gan, kerja yang penting skil pula

Drieant said... Reply Comment

bener ya gan, mending kuliah dulu aja ya. :D, soalnya ntar klo ud lama alesanya malu atau ga ada waktu.

Drieant said... Reply Comment

ehm, bner juga gan. tapi ga semudah di bayangkan loh ketika di praktekan

Drieant said... Reply Comment

hahah, bner gan, ente yang lebih berpengalaman. semoga orang lain lebih bisa bijak mengambil kesempatan yang datang.

Drieant said... Reply Comment

ehm, bner juga ya bang. kalau bisa jangan ambil dua duanya, jdinya ga fokus. ntar malah keduanya ancur dah. mending lebih baik kuliah dulu aja ya.

Drieant said... Reply Comment

pokonya, klo setelah di terima, ada ja jalanya untuk usaha ya gan.

cerita anak kost said... Reply Comment

klo warisan gimana gan? ente suka juga ga? heheh, emang kuliah lebih enak ya, ga ngapa ngapain, ga susah susah kerja dapet duit. hehe, tapi juga harus yang bner, jangan sampe ngecewain orang tua.

zep said... Reply Comment

ane milih kuliah dulu gan, mumpung masih muda. biar lebih siap terjun di masyarakat nanti :)

btw abang dulu kuliah dimana?
#salam kenal

Drieant said... Reply Comment

iya, pilihan bagus bagi orang yang kuliah di MIT, heheh. ane? ehm, ane cuma kuliah di depok aja gan, ga jauh jauh.

yani haryanti said... Reply Comment

selamat iya buat yang bisa kuliah,,
sebenarnya saya pilih kuliah dan pengin banget kuliah,, namun karna keterbatasan dana dan prestasi saya yg pas2n jdi saya memilih bekerja dulu, , saya berharap semoga saya bisa kuliah, ,

Post a Comment