Toolbar Wajib untuk Blogger

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Tuesday, June 19, 2012

Toolbar ini sebenarnya adalah beberapa koleksi toolbar saya pribadi untuk memaksimalkan blog dan sekarang saya bagikan ke anda berharap ini dapat bermanfaat. Sebelumnya, CTRL D dulu untuk postingan toolbar yang harus di miliki blogger, karena mungkin anda lupa dimana telah menemukannya. Toolbar ini berfungsi untuk memantau blog, baik blog kita sendiri atau blog orang lain. Layaknya pemilik toko, pemilik toko yang baik selalu mengontrol keadaan tokonya, seperti itulah sebaiknya blogger, selalu memantau blognya. Maka para blogger memerlukan alat yang memudahkan untuk memantau kemanjuan blognya, yaitu dengan toolbar wajib untuk blogger, yang isinya antara lain alexa, SEO optimizer dan lain sebagainya.


Toolbar Wajib untuk Blogger, toolbar yang membantu blogger, toolbar powerful, toolbar wajib, toolbar blogger
Mari kita bahas satu persatu apa saja toolbar yang sebaiknya dimiliki blogger.

1. Alexa rank toolbar

Nah ini penting, ranking suatu blog paling mudah adalah dengan melihat alexanya, semakin kecil alexanya maka semakin popular blog tersebut. Karena alexa tidak hanya menilai rutinya postingan kita namun juga seberapa besesar pengunjung yang datang mempengaruhi rendahnya nilai alexa. Meskipun kalau nilai alexanya di bawah 500.000, persaingan sudah mulai ketat, sehingga nilainya kadang bisa kembali naik, namun paling tidak kita tahun nilainya.

Dengan memasang alexa toolbar ini akan mampu menurunkan alexa rank, jadi bagi teman teman yang belum ada nilai alexanya, sebaiknya pasang alexa toolbar ini. Karena kalian bisa mengucapkan selamat tinggal alexa rank no data setelahnya. Dan kabarnya kalau alexa ini tidak di pasang, maka ranking akan kembali besar lagi, yang artinya, merugikan kita.


Toolbar Wajib untuk Blogger, toolbar yang membantu blogger, toolbar powerful, toolbar wajib, toolbar blogger

Silahkan download alexa rank

2. Safe Browsing WOT

Ini saya dapat dari bung penho, saya sendiri belum mengetahuinya secara pasti namun ini baik untuk melindungi dan memperingatkan kita akan situs yang berbahaya. Seperti kebiasaan para blogger, selalu mencari backlink dan hunting pengetahuan dari internet, namun situs yang kita tuju belum tentu aman, jadi Safe Browsing WOT ini bisa memperingatkan kita. Untuk mengunakannya, kita telebih dahulu di minta untuk membuat acont, lakukan saja gratis ini ko, lagi juga lumayan buat perlindungan.

download Safe Browsing

3. SEO doctor

Koleksi selanjutnya dari toolbar wajib untuk para blogger adalah SEO doctor, dengan toolbar ini kita bisa melihat dan mengevaluasi kondisi SEO kita termasuk bebeapa hal yang di sarankan. Sampai dimana SEO berjalan serta bisa melihat dan belajar bagaimana SEO orang lain. Dengan ranking berupa prosentase  pengunjung dan bila ingin melihat lebih jelas, kita tinggal mengeklik bendera yang berada pada browser kita. Bendera itu pula yang menunjukan nilai SEO kita (dalam prosen). Dengan demikian, kita akan dapat memaksimalkan pengetahuan tentang bagaiman SEO bekerja.


download SEO doctor

4. SEOquake

Satu lagi toolbar untuk ngecek blog kita dan juga blog orang lain. Dengan ini kita bisa melihat tidak hanya alexa rank, namun juga berapa artikel yang sudah terindex google, berapa PRnya, termasuk juga beberapa SMO (sosial media optimizer). Lumayan, untuk mengetahui perkembangan juga mengetahui bagaimana blog orang bisa sukses dan tentunya semoga kita bisa meniru jalannya.

Toolbar Wajib untuk Blogger, toolbar yang membantu blogger, toolbar powerful, toolbar wajib, toolbar blogger


 download SEOquake

5. Firebug

Ini tak kalah penting, dengan fire bug toolbar ini maka kita bisa melacak kode HTML (apapun tentang bahasa pemrograman) dari blog kita ataupun blog orang lain. Jadi kita bisa memperkirakan kode HTML apa yang digunakan dalam widget tertentu sehingga kita nantinya bisa menghapus, memanipulasi atau merubah template hasil download. Sistem kerjanya, ia akan mem-block bagian per bagian dari suatu website, dan kemudian memberikan informasi kode HTMLnya, sehingga kita pun bisa belajar kode HTML darinya. Namun sebelum mengunakan ini, paling tidak anda harus paham dasar atau mengerti sedikit mengenai HTML.

Selain itu toolbar ini bisa mengetahui widget yang dipake blogger lain, sehingga kita bisa 'meminjam idenya' (mencuri bahasa kasarnya, heheh) untuk di terapkan di blog kita tanpa harus bertanya. Ada beberapa bagian yang bisa mentah-mentah kita copy ke widget kita, namun ada kalanya pula kita tidak bisa langsung mengcopi widget tersebut, perlu kita perbaiki dan sedikit modifikasi untuk digunakan di blog kita. Bagi yang suka memodifikasi template dowload, anda wajib memiliki ini.

Toolbar Wajib untuk Blogger, toolbar yang membantu blogger, toolbar powerful, toolbar wajib, toolbar blogger

Saya meberikan contoh untuk meminjam ide dari teman kita yang memiara semut dari blognya. Kemudian kita telusuri satu persatu dimana widget yang menunjukan kode untuk semut tersebut, kode tersebut akan memberikan warna berbeda pada blog yang sedang kita cari. Sehingga bila warna si semut berubah, berarti kode tersebut menunjukan HTML untuk widget semut, jadi tinggal kita copy langsung dan di tambahkan ke widget kita.

download firebug.

6. No follow dofollow checker

Tools ini saya dapatkan dari fayescool (fayescool.blogspot.com), dan sebenarnya ini bukan termasuk toolbar, namun saya masukan sekalian di posting ini karena tools ini sangat bermanfaat. Kita bisa mengecek suatu blog itu dofollow atau nofollow. Istilah dofollow merupakan istilah untuk blog yang memberikan link back (link kembali) ke kita, sehingga tanpa mengunakan tuker link kita sudah mendapatkan link darinya. Biasanya blog dofollow di istilahkan untuk kotak komentarnya, jadi kita cukup berkomentar di blognya, kita akan mendapatkan link, tentunya dengan mengisikan Name/Url blog kita ketika berkomentar. Sedangkan nofollow sebaliknya, saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai dofollow ataupun nofollow, silahkan mencari literaturnya sendiri.

No follow dan dofollow checker ini berfungsi untuk mengetahui apakah blog itu dofollow ataupun tidak. Jadi bagi yang menuliskan besar di blognya 'Blog ini sudah dofollow' sebaiknya gunakan ini terlebih dahulu, karena bila orang lain yang ngecek dan kemudian ketahuan bahwa blog tersebut ternyata tidak dofollow, bisa malu anda.

Kemudian kita juga bisa mengecek link kita di teman, apakah link tersebut dofollow atau jangan-jangan nofollow. Kalau link yang kita tukarkan mengunakan auto link exchange, biasanya itu nofollow, setelah itu kita bisa menentukan sikap selanjutnya. Masih mau tuker link kah atau mungkin kita melakukan hal yang sama dengan membuatnya menjadi nofollow juga, itu terserah anda.


Toolbar Wajib untuk Blogger, toolbar yang membantu blogger, toolbar powerful, toolbar wajib, toolbar blogger

Cara mengetahui dofollow atau nofollow bagaimana? itu pertanyaan bagus. Caranya adalan dengan meng-klik kanan kemudian ada pilihan nodofollow, kemudian pilih. Lalu pada tampilan browser anda akan menunjukan perbedaan warna pada setiap link, warna biru menunjukan dofollow sedangkan warna merah (muda) menunjukan nofollow. Sederhana bukan?

download dofollow checker

Dengan adanya toolbar wajib untuk blogger tesebut, usaha kita dalam memaksimalkan blog semoga bisa terbantu. Namun kabar buruknya toolbar tersebut saya gunakan pada brower mozila, untuk broser lain saya belum coba, silahkan di coba sendiri ya. Klo memang bisa, tolong kabari saya ya.

Bagi teman teman yang mau menambahkan atau berbagi mengenai toolbar yang di gunakan dalam browsernya, silahkan di bagi.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Tuesday, June 19, 2012