Makanan Khas Anak Kost

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Thursday, June 21, 2012

Menjadi anak kost, harus siap lapar. Loh kenapa? karena jauh dari rumah, ga bisa makan seenaknya. Seperti yang di ceritakan dalam beda anak kost dan anak rumahan, kalau di kostan ga ada kulkas atau ga ada ibu yang setia memasak, alhasil kita harus siap untuk menahan lapar. Terutama kalau malam, apalagi kalau kiriman belum datang. Daripada lapar ga dapet apa apa, mending di bawa puasa, lumayan berpahala. Nah untuk mencegah kelaparan, saya kan membagi pengalaman untuk makanan khas anak kost.

Makanan Khas Anak Kost, makanan wajib anak kost, makanan stok anak kost, makan persediaan untuk anak kost, anak kost
Emang ada makanan khas anak kost? ya paling tidak ini sering di makan oleh anak kost, apalagi kalau lagi ga punya uang. Atau paling tidak saya bercerita atas pengalaman saya dan teman teman saya selama ngekost, untuk membagi pengalaman bagi yang mau kost atau sekedar bahan tertawaan bagi mereka belum atau pernah ngekost. Apa saja makananya?

1. Mie Instan

Mie instan ini paling sering gan, mudah dan murah lagi. Kalau sedang lapar maka ini yang paling mudah untuk di makan, baik beli di penyedia mie instan langsung (biasarnya di tempat seperti bubur kacang ijo) atau kadang masak sendiri. Dari pengalaman saya biasanya saya selalu sedia pemanas. Ya lumayan lah kalau tengah malam lapar, males atau takut keluar kamar, ini bisa menjadi penganjal perut.

Makanan Khas Anak Kost, makanan wajib anak kost, makanan stok anak kost, makan persediaan untuk anak kost, anak kost


Nah untuk urusan mi instan ini, cocoknya ma terlur. Dan karena sekarang Indonesia lagi kena krisis, jadi mi nya juga ikut krisis, sekarang makan mie instan ga cukup satu, musti dua e biar kenyang. Dan urusan menu, anak kost jagonya, bisa dari mi goreng menjadi mie rebus atau sebaliknya, bisa di buat bubur mie (klo yang ini masaknya kelamaan jadinya melar, heheh, ga sengaja sebenarnya, malah jadi bubur dah, tapi enak ko) dan lain sebagainya. Termasuk pula di kriuk langsung juga enak, ingat jaman SD dulu ada namanya mie kremes, angap saja nostalgia.

2. Sereal

Sereal ini juga penting, temen saya sampe nyetok banyak di kamarnya. Sekelas energen lah, kadang queker oat juga ok. Di campur ma susu atau untuk diet segar pun mantap. Kalau penyajian queker untuk makanan di seduh dengan air panas, 4 sendok queker di tambah sedikit ari panas (hanya untuk melumerkan). Teman ku yang sering ni, katanya buat diet, soalnya dia punya perawakan yang lumayang lah, di samping itu juga ngirit, tapi sayang nya ngiritnya buat beli rokok dia. Wah kacau juga dia.

Kalau untuk minuman, queker ini di seduh ma susu, wah di jamin mantap jaya. Berasa seperti energen, dengan harga lebih murah. Mau? boleh di coba dan di praktekan.

3. Bubur Kacang Ijo

Kalo yang namanya bubur kacang ijo ini, biasa bagi anak kost, terutama di daerah ibukota. Kalau laper malam hari, lebih tempatnya dini hari, kan ud ga ada yang jualan, nah pilihanya cuma ini. Di warung bubur kacang ijo juga ada tempat ngopinya, cocok untuk yang doyan kompi. Dan mi instan, ada di sini, jadi ga perlu repot repot lagi buatnya. Tinggal berangkat aja ke sini, selesai.

Klo di daerah timur, surabaya setau saya. Jarang yang kaya begini, lebih terkenal dengan wargres (warung gersik), sama aja si warung di malam hari juga. Bedanya kalo wargres biasanya ga ada burjo, tapi ada gorengan dan yang bikin asik adalah petis, wah sambal ini makyus pokonya. Tapi sayang di sayang, biasanya warung malam begini, belinya ga seberapa tapi nongkrongnya lama, beli paling cuma secangkir kopi, sambil ngobrol dan numpang nonton TV, bisa berjam jam di sana. Kasian sama yang penjualnya, kaya vidio berikut ini nie.






4. Roti

Roti bisa jadi pilihan sederhana buat menganjal perut di kost kostan gan. Praktis lagi, tingal makan. Cuma karena praktisnya ini, orang yang datang pun tinggal makan juga, alhasil cepat habis karena di makan kawan, hahaha. Niat buat stok eh malah habis juga, yaud, namanya juga senasib sepenangungan. Iya ga? toh kalo kita sakit kita minta obat wajib untuk anak kost kemana lagi kalau bukan ke teman sendiri.

5. Ankringan

Setiap daerah punya istilah sendiri, klo angkringan itu kayanya istilah untuk orang jogja. Intinya jualan nasi murah, dulu harga paket nasinya bisa seribuan klo beli, makanya ada yang bilang sego sewu (nasi seharga seribu). Bahkan dulu pernah merasakan harganya cuma 300 perak aja, wah cocok untuk kantong anak kost. Kalau di purwokerto, hal seperti ini namaya sego kucing, karena di bungkus kecil sekali mungkin sengaja untuk porsi kecil, posi kucing (heheh). Tapi namanya anak kost, akhir bulan ya di jabanin nyari yang demikian, habis mau makan apalagi? kiriman aja belum datang.

6. Ngopi

Loh ngopi emang jenis makanan? bukan si tepatnya, tapi ia bisa menunda laper. Kan tubuh kita kalau laper sebenarnya kekurangan cairan gula, nah klo di asup dengan kopi manis (susu atau sejenisnya), bisa sedikit terobati. Ga percaya? coba aja sendiri. Bahkan klo naik gunung kita lapar, makan coklat yang manis juga cukup menganjal perut. Dulu saya di ajarin, klo lapar ngemut gula jawa, dan hasilnya, ya lumayan lah.

7. Berdoa

Loh lagi lapar ko berdoa, habis mau ngapain lagi kalau lapar di malam hari mana ga ada makanan dan  kiriman belum datang. Berdoa aja sambil main ke kamar teman, siapa tau mereka punya stok makanan, asalkan kita punya etika dalam kost kita bisa seenaknya minta makanan, lumayan kan.
Paling enak tu  bukan orang yang memiliki segalanya, tapi paling enak jadi orang pas pasan. Pas lagi laper, eh pas lagi ada yang nawarin makanan. Pas lagi ga ada duit, eh di traktir temen.
Untuk saya, hal di atas yang biasanya saya lakukan demi mengganjal perut ketika lapar. So, sebelum kelaparan, sebaiknya kita siapakan makanan di kost.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Thursday, June 21, 2012