Tips Mengatasi Adsense Disable

Share Article : Tweet This FB Share Email Share

oleh cerita anak kost on Tuesday, October 30, 2012

Seperti yang pernah saya janjikan, kalau saya akan memberikan cara mengatasi google adsense disable untuk situs tertentu. Sebelum panjang lebar saya bahas, semua ini adalah pengalaman saya dan bukan suatu keharusan yang di jamin keberhasilannya, karena itu hanya terjadi satu kali pada saya dan tidak pernah berharap untuk terjadi yang kedua kalinya.

Memang pengalaman google adsense disable site menjadi pelajaran berhaga dan pondasi untuk membagikan sedikit tips bagi teman teman yang mungkin mengalami hal tersebut atau paling tidak untuk menghindarinya. Karena walau memang bermain google adsense penuh resiko namun tidak dapat di pungkiri bahwa memang reward yang di berikan pun cukup menggiurkan.

Google adsense adalah salah satu advertiser yang peduli terhadap konten dari blog, jadi kalau memang ada sedikit pelangaran maka ia tak segan segan memberikan peringatan. Jadi ketika anda bergabung dengannya dan ingin tetap terus bersama google adsense, anda harus patuhi aturan mainnya seberapa besar itu. Kalau anda merasa tidak mampu dan terlalu di batasi, mungkin sebaiknya anda mencari advertiser yang lain karena masih banyak juga yang bagus.

Apa saja yang menyebabkan google disable site

Menurut pengalaman saya, ada beberapa hal yang menyebabkan google tidak tampil untuk beberapa situs. Hal hal ini juga yang bisa berpontensi menyebabkan account kita mendapatkan peringatan, apa saja?

1. Kontent kompas
2. Judul yang nyerempet ke hal hal biru (ngerti lah ya)
3. Optimasi yang berlebihan dari judul
4. Komentar pengunjung yang tidak sopan
5. Kata kata di dalam artikel yang memang melangar TOS

Salah satu kelemaha google adalah suport sistemnya yang kurang baik jadinya semua (saya pikir) di nilai dengan mesin. Jadi walaupun sebenarnya blog anda bukan golongan blog yang biru (tau maksudnya lah ya, saya ga mau ambil resiko dengan terlalu detail, bisa bisa kena pelangaran lagi saya, hehehe) bisa jadi di anggap biru karena ada konten yang mengandung kata kata yang tidak baik. Jadi sedikit kata kata yang tidak sesuai saja bisa berpotensi membuat account anda melayang.

Kemudian untuk masalah komentar yang juga di anggep sebagai bagian dari koment, itu juga masih perkiraan saya. Saya bilang seperti itu karena saya mendapatkan pelanggaran dan di berikan url lengkap dengan url yang berkomentar, jadi saya kira itu bisa juga di sebabkan oleh komentar (lihat surat cinta dari google di bawah). Soalnya kalau bukan dari komentar, mungkin google hanya memberikan url artikel saja tanpa emblem komentar. Namun sekali lagi itu masih dugaan, belum tentu benarnya.

Mengajukan banding ketika google disable site

Nah sekarang bagaimana kalau itu sudah kejadian dan akhirnya iklan tidak lagi tampil di blog kita? hal yang kita perlu lakukan adalah dengan mengajukan banding, bisa ke link berikut (https://support.google.com/adsense/bin/request.py?contact_type=policy_violation_appeal)

Tips Mengatasi Adsense Disable
Contoh Surat Pelanggaran saya, perjelas dg klik disini
Sebelum mengajukan banding, biasanya anda di kirim email pemberitahuan tentang isu yang dilanggar termasuk pun kode pelanggaranya. Gambar di atas adalah contoh surat cinta yang saya dapatkan dari google adsense, ada kode yang tertera sebagai apa yang dilanggar. Masukan kode tersebut ke kolom tersedia dan isi permohonannya dengan bahasa inggris. Masukan ID publisernya lengkap, contohnya seperti ca-pub-xxxxxx. Kemudian isi Affected Site URL dengan URL blog kamu yang sedang kena masalah.

Tehnik Pengajuan Banding Adsense

Yang tidak kalah penting adalah tehnik dalam pengajuan banding. Sebelum anda mengajukan banding, sebaiknya pahami dulu email yang dikirim dan temukan kira kira apa yang menjadi kesalahaan anda menurut google. Pebaiki kesalahan tesebut dan baru mengajukan banding. Usahakan ketika mengajukan banding untuk pertama kali, anda benar benar telah menghapus apa yang tidak sesuai karena dari pengajuan petamalah yang mendapatkan respon. Beberapa orang justru di pengajuan yang kedua dan ketiga tidak mendapatkan respon, hanya mendapatkan email balasan yang tetap saja iklan tidak keluar. Jadi penting untuk perhatikan pengajuan keberatan yang pertama, adapun tips lainya adalah :

1. Hapus URL yang bermasalah (cari aman nya)
2. Hapus artikel dimana anda pernah menyadur dari blog orang (kompas)
3. Bersihkan pula link yang sudah terhapus di webmaster
4. Perhatikan navigasi anda, jangan sampe terhalang
5. Hapus link yang ke medi*fire, 4sh*are atau ke link link yang bertentangan dengan google
6. Beberapa menyarankan ganti ke template standard dulu (saran aja, saya sendiri tidak melakukan)
7. Mengakui kesalahan anda dalam permohonan
8. Berjanji untuk tidak mengulangi nya lagi

Itulah beberapa tips yang perlu di lakukan dalam sebelum dan ketika melakukan banding. Penting kita untuk berjanji tidak mengulanginya lagi, sebagai suat bentuk keseriusan dari kita. Berikut adalah email yang pernah saya ajukan sebagai permohonan (tepatnya permohonan yang kedua), walau dengan bahasa inggris yang pas pasan.

Untuk Memperjelas, klik di sini

Setelah mengajukan permohonan, anda biasanya akan medapatkan email dari adsense-support@gmail yang isinya bahwa pengajuan keberatan anda telah di terima. Email tersebut saya pikir hanya email balesan otomatis dari pihak google, namun ada kalanya anda pun akan mendapatkan email dari adsense-noreply@gmail. Bedanya menurut pengamatan saya, kalau yang adsense-support hanya sebatas mesin penjawab otomatis sedangkan adsense-noreply adalah email resmi dari adsensenya (anda bisa mengecek notifikasinya juga di account adsense anda).

Jadi kalau anda benar benar mendapatkan balesan dari adsense-noreply berarti anda mendapatkan email resmi. Seperti contoh saya mendapatkan email dari adsense-support yang berisi pengajuan keberatan saya diterima dan akan aktif dalam 48 jam dan ternyata tidak kunjung aktif. Namun ketika saya mendapatkan notifikasi dari adsense-noreply@gmail ternyata sebelum 48jam iklan saya telah aktif kembali.

Solusi alternatif untuk adsense yang disable

1. Ganti Domain
2. Daftar adsense pakai email baru, daftar lagi maksudnya
3. Menyerah dan mengganti adsense dengan iklan lain.

Sebenarnya account anda masih aktif dan anda masih bisa untuk memasang di blog lain. Hanya saja untuk domain yang di sebutkan memang tidak bisa di tampilkan kembali karena telah disable. Namun sebenarnya iklan itu masih ada, anda bisa menggeceknya dengan mengganti akhiran .com menjadi .sg (yang mungkin dari singapura) dan anda akan melihat iklannya ada di sana. Oleh karena itu, cara termudah mudah untuk mengaktifkan kembali domain yang terlajur kena disable yaitu dengan mengganti domain.
Satu lagi pengalaman yang saya perhatikan, iklan saya masih tetap saja menempel pada masa di nonaktifkan (disable) namun tetap tidak muncul. Kemudian karena saya sudah pasrah (beberapa artikel menyebutkan bahwa pengajuan keberatan 90% akan di tolak) akhirnya script iklan di blog saya saya hapus. Dan ternyata tidak lama setelah itu saya justru mendapat kabar baik dari adsense-noreply (padahal sebelumnya saya tidak mendapatkan balesan dari dia sampe harus mengirim pengajuan yang ketiga). Ya memang pengalaman ini belum terbukti, tapi ga ada salahnya untuk mencopot iklan anda selagi anda mengajukan keberatan (kalau sudah dua kali pengajuan). Dan semoga saja benar apa yang saya rasakan terjadi pula pada anda.

Ya itulah tips dari saya tentang adsense yang disable. Satu hal lagi baik bagi anda yang mengalaminya tau tidak (belum) mengalaminya bahwa adsense bukan satu satunya program earning. Masih banyak yang lain dan sebaiknya pula anda membiasakan diri dengan mencari pendamping adsense, takut takut terjadi hal seperti ini. Semoga dapat sedikit membantu anda dalam mengatasi adsense yang telah di disable oleh google.

drieant Cerita Anak Kost Updated at: Tuesday, October 30, 2012